KONSEP PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM DAN MAHARAH KITABAH BAGI SISWA MAN 1 SRAGEN (BERBASIS ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA)

Muna Nabila Amatullah, NIM.: 18204020001 (2022) KONSEP PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM DAN MAHARAH KITABAH BAGI SISWA MAN 1 SRAGEN (BERBASIS ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PEMBELAJARAN MAHĀRAH KALĀM DAN MAHĀRAH KITĀBAH BAGI SISWA MAN 1 SRAGEN (BERBASIS ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA))
18204020001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PEMBELAJARAN MAHĀRAH KALĀM DAN MAHĀRAH KITĀBAH BAGI SISWA MAN 1 SRAGEN (BERBASIS ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA))
18204020001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan penulis terhadap kesalahan berbahasa yang terjadi dalam pembelajaran maharah kalam dan maharah kitabah di MAN 1 Sragen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk dan penyebab kesalahan berbahasa dalam maharah kalam dan maharah kitabah siswa MAN 1 Sragen serta untuk menghasilkan konsep pembelajaran maharah kalām dan maharah kitabah yang didasari oleh hasil analisis kesalahan berbahasa tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melaui tes, wawancara, dan dokumentasi. Data-data tersebut kemudian dianalisis sesuai dengan teori analis kesalahan berbahasa dan selanjutnya dirumuskan konsep pembelajaran maharah kalam dan maharah kitābah. Penelitan ini menghasilkan bentuk-bentuk kesalahan berbahasa mahārah kalām dan mahārah kitābah siswa MAN 1 Sragen dapat diklasifikasikan menjadi kesalahan fonologi, kesalahan penulisan, kesalahan morfologi, dan kesalahan sintaksis. Selanjutnya penyebab kesalahan berbahasa dirumuskan dalam 2 (dua) kategori yaitu faktor lingustik yang meliputi edwibahasaan siswa, perbedaan sistem bahasa Indonesia dan bahasa Arab, dan interferensi antara bahasa Indonesia dengan bahasa Arab dan faktor non linguistik yang meliputi sistem pengajaran dan kompetensi guru, lingkungan bahasa dan sistem pendidikan non asrama, latar belakang pendidikan dan minat belajar siswa. kemudian dari hasil analisis kesalahan tersebut dirumusakan konsep pembelajaran maharah kalam dan mahārah kitābah berbasis analisis kesalahan meliputi pendekatan dan metode pembelajaran yang berada di bawah payung tujuan pembelajaran bahasa Arab meliputi pendekatan aural-oral, pendekatan komunikatif, pendekatan fungsional, metode langsung, metode audio-lngual, metode gramatika terjemah, dan metode membaca. Selanjutnya beberapa aspek penting dalam pembelajaran maharah kalam dan mahārah kitābah yaitu guru, memperbanyak menyimak dan membaca, serta praktik dan imla’.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H Tulus Musthofa, Lc, MA
Uncontrolled Keywords: ketrampilan berbahasa; ketrampilan berbicara; kitabah; maharah kalam
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 04 Mar 2024 11:00
Last Modified: 04 Mar 2024 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64218

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum