DETERMINAN TINGKAT PENGANGGURAN DENGAN GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI: BUKTI DARI NEGARA-NEGARA OKI TAHUN 2002-2021

Samsiar, NIM.: 21208012034 (2023) DETERMINAN TINGKAT PENGANGGURAN DENGAN GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI: BUKTI DARI NEGARA-NEGARA OKI TAHUN 2002-2021. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DETERMINAN TINGKAT PENGANGGURAN DENGAN GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI: BUKTI DARI NEGARA-NEGARA OKI TAHUN 2002-2021)
21208012034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (DETERMINAN TINGKAT PENGANGGURAN DENGAN GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI: BUKTI DARI NEGARA-NEGARA OKI TAHUN 2002-2021)
21208012034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam perkembangannya negara harus memaksimalkan sumber daya manusia agar memiliki kualitas keterampilan yang dapat bersaing, sehingga pengangguran harus dihindari. Pengangguran kaum muda mengemukakan kebutuhan ini harus segera dipenuhi guna untuk mengatasi masalah tingginya jumlah pengangguran. penelitian ini berupaya untuk mengetahui keterbukaan perdagangan, pertumbuhan ekonomi, inflasi terhadap tingkat pengangguran di negara OKI dengan tata kelola pemerintah sebagai variabel moderasi tahun 2002-2021. Analisis MRA (Moderated Regression Analysis) digunakan untuk menganalisis variabel tata kelola pemerintah. Selain itu, penelitian ini menggunakan pendekatan Generalized Method of Moments (GMM) untuk menganalisis data. Hasil dari pengujian statistik menunjukan bahwa semua variabel independen memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap tingkat pengangguran. Selain itu tata kelola pemerintah mampu memoderasi pertumbuhan ekonomi dan inflasi dalam pengaruhnya tingkat pengangguran. Namun keterbukaan perdagangan tidak mampu memoderasi sebab kurangnya kebijakan pemerintah mengekspor perdagangan internasional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam rangka menurunkan tingkat pengangguran, perlunya tata kelola pemerintah yang baik sehingga tingkat pengangguran di negara OKI semakin menurun.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Ghafur Wibowo , S.E., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: keterbukaan perdagangan; pertumbuhan ekonomi; inflasi; pengangguran; tata kelola pemerintah
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Mar 2024 13:34
Last Modified: 04 Mar 2024 13:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64227

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum