PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PROFETIK TERHADAP SELF EFFICACY DAN SELF RELIANCE PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU

Sri Atin, NIM.: 21204082003 (2023) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PROFETIK TERHADAP SELF EFFICACY DAN SELF RELIANCE PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PROFETIK TERHADAP SELF EFFICACY DAN SELF RELIANCE PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU)
21204082003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PROFETIK TERHADAP SELF EFFICACY DAN SELF RELIANCE PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU)
21204082003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan kewirausahaan profetik penting untuk diajarkan sejak usia sekolah dasar. Hal ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka pengangguran, tingginya angkatan kerja pada usia muda di bawah umur, dan rendahnya rasio kewirausahaan di tingkat nasional. Faktanya, pendidikan kewirusahaan profetik masih sangat minim diajarkan di tingkat sekolah dasar. Sementara itu, tantangan abad 21 dan bonus demografi 2045 mensyaratkan kualitas generasi bangsa yang tangguh, percaya diri, kreatif, inovatif, terampil, dan mandiri. Berdasarkan analisa peneliti, permasalahan tersebut didasari oleh adanya paradigma mencari kerja bukan menciptakan lapangan kerja dan minimnya pengetahuan tentang kewirausahaan. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) mengungkapkan pengaruh pendidikan kewirausahaan profetik terhadap self efficacy; 2) mengungkapkan pengaruh pendidikan kewirausahaan profetik terhadap self reliance: 3) mengungkapkan besarnya kontribusi pendidikan kewirausahaan profetik terhadap self efficacy dan self reliance peserta didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif jenis ex-post facto, untuk meneliti hubungan sebab-akibat dan menguji hipotesis tanpa adanya perlakuan dari peneliti. Teknik dan instrumen pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling menghasilkan sampel sejumlah 170 peserta didik, yang terdiri dari peserta didik kelas IV- VI SDIT Ukhuwah Islamiyah. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model Structural Equation Model (SEM) dengan jenis pendekatan Partial Least Square (PLS) berbasis varian. Hasil pengisian angket oleh responden, selanjutnya dilakukan uji statistik melalui 2 pengukuran, yaitu: evaluasi model pengukuran (outer model) dan evaluasi model struktural (inner model) yang bersifat second order reflektif-formatif. Uji yang dilakukan pada outer model diantaranya: uji validitas konvergen, validitas diskriminan, dan uji reliabilitas. Sedangkan pada evaluasi model struktural (inner model) meliputi: uji koefisien determinasi, uji koefisien jalur dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan kewirausahaan profetik berpengaruh positif dan signifikan terhadap self efficacy; (2) Pendidikan kewirausahaan profetik berpengaruh positif dan siginifikan terhadap self reliance; dan (3) Pendidikan kewirausahaan profetik berkontribusi positif terhadap self efficacy dan self reliance. Keduanya menunjukkan besarnya pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap self efficacy dan self reliance pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Andi Prastowo, S.Pd.I., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy; Self Reliance; Sekolah Dasar Islam Terpadu; pendidikan kewirausahaan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Wirausaha
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Mar 2024 13:36
Last Modified: 04 Mar 2024 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64228

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum