PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE WINDOW SHOPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HUDA KARANGNONGKO

Muftahatus Sa'adah, NIM.: 21204082028 (2023) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE WINDOW SHOPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HUDA KARANGNONGKO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE WINDOW SHOPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HUDA KARANGNONGKO)
21204082028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE WINDOW SHOPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HUDA KARANGNONGKO)
21204082028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Dalam proses pembelajaran, ditandai adanya beberapa peserta didik kurang bersemangat dan merasa bosan ketika proses pembelajaran berlangsung serta rendahnya hasil belajar dimana sebagian peserta didik memiliki nilai yang rendah di bawah Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Upaya yang dilakukan adalah membuat proses pembelajaran menjadi menarik dan aktif yaitu dengan menggunakan model cooperative learning tipe window shopping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Penerapan pembelajaran IPAS Kelas IV dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Window Shopping 2) pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Window Shopping terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS 3) pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Window Shopping terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS 4) pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Window Shopping terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 50 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah validitas Correlate Bivariate, reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha, uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov, Uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan Multivariat Analysis Of Variance (MANOVA). Untuk melakukan uji analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran IPAS pada peserta didik kelas IV menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Window Shopping berjalan dengan baik, mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar sehingga akan muncul perasaan senang, aktif berdiskusi, menarik perhatian peserta didik sehingga pembelajaran IPAS ini dapat berjalan dengan efektif. 2) berdasarkan hasil univariat menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Window Shopping terhadap motivasi belajar IPAS, maka Ha1 diterima. 3) berdasarkan hasil univariat menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Window Shopping terhadap hasil belajar IPAS, maka Ha2 diterima. 4) berdasarkan hasil uji multivariate dengan hasil uji Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace dan Roy’s Largest Root menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Window Shopping terhadap motivasi dan hasil belajar IPAS kelas IV di MI Al-Huda Karangnongko, maka Ha3 diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Usman, SS., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar; hasil belajar; Ilmu Pengetahuan Alam.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Mar 2024 13:42
Last Modified: 04 Mar 2024 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64229

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum