OPTIMALISASI PENGGUNAAN SOFTWARE SLiMS DALAM PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS WIDYA DHARMA KLATEN

Novalita Nirmala Sari, NIM.: 18101040033 (2023) OPTIMALISASI PENGGUNAAN SOFTWARE SLiMS DALAM PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS WIDYA DHARMA KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI PENGGUNAAN SOFTWARE SLIMS DALAM PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS WIDYA DHARMA KLATEN)
18101040033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI PENGGUNAAN SOFTWARE SLIMS DALAM PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS WIDYA DHARMA KLATEN)
18101040033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berisi tentang usaha optimalisasi penggunaan software SLiMS dalam pengolahan bahan pustaka di Perpustakaan Universitas Widya Dharma Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha perpustakaan dalam optimalisasi penggunaan software SLiMS dalam pengolahan bahan pustaka di Perpustakaan Universitas Widya Dharma Klaten. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Universitas Widya Dharma Klaten dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha perpustakaan dalam optimalisasi penggunaan software SLiMS dalam pengolahan bahan pustaka di Perpustakaan Universitas Widya Dharma Klaten. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah pustakawan perpustakaan Universitas Widya Dharma Klaten dan objeknya adalah Optimalisasi penggunaan software SLiMS dalam pengolahan bahan pustaka. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan empat cara yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan uji kepercayaan, uji keteralihan dan uji kebergantungan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu optimalisasi penggunaan software SLiMS dapat diterima untuk proses pengolahan bahan pustaka di Perpustakaan Universitas Widya Dharma Klaten. Hal ini mengacu pada kriteria penggunaan software yang optimal yaitu pada kriteria kegunaan, ekonomis dan fleksibel. Kriteria tersebut sudah diterapkan di Perpustakaan Universitas Widya Dharma Klaten dalam penggunaan software SLiMS dalam proses pengolahan sehingga penggunaan software sudah optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Bagus Febriyanto, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: SLiMS; otomatisasi perpustakaan; software
Subjects: Perpustakaan > Perpustakaan Perguruan Tinggi
Bahan Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Mar 2024 10:06
Last Modified: 04 Mar 2024 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64246

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum