PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA MASSAL AKIBAT RESESI PADA PEKERJA DI KABUPATEN TEMANGGUNG (STUDI PADA PT. SUMBER MAKMUR ANUGRAH TEXTILE)

Achsin Muhamad Wildan, NIM.: 20103040117 (2023) PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA MASSAL AKIBAT RESESI PADA PEKERJA DI KABUPATEN TEMANGGUNG (STUDI PADA PT. SUMBER MAKMUR ANUGRAH TEXTILE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA MASSAL AKIBAT RESESI PADA PEKERJA DI KABUPATEN TEMANGGUNG (STUDI PADA PT. SUMBER MAKMUR ANUGRAH TEXTILE))
20103040117_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA MASSAL AKIBAT RESESI PADA PEKERJA DI KABUPATEN TEMANGGUNG (STUDI PADA PT. SUMBER MAKMUR ANUGRAH TEXTILE))
20103040117_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Resesi ekonomi adalah keadaan ketika aktivitas perekonomian turun secara signifikan dalam jangka waktu yang lama, yang mengakibatkan kemiskinan, kenaikan harga barang, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), hingga pada gejolak pasar keuangan. Resesi yang terjadi di dunia beberapa waktu belakangan muncul akibat pandemi Covid-19, inflasi memperlihatkan sisi parahnya tahun-tahun ketika pandemi Covid-19 terjadi. Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Temanggung mencatat bahwa banyak perusahaan di Temanggung yang melakukan PHK massal pekerja karena penurunan permintaan pasar pada perusahaan industri. Adanya hal tersebut mengakibatkan naiknya angka pengangguran di daerah Kabupaten Temanggung. Salah satunya adalah PT. Sumber Makmur Anugrah (SMA) Textile. PT. SMA melakukan PHK seluruh karyawan mereka sebanyak 281 pekerja hingga perusahaan melakukan efisiensi diikuti penutupan perusahaan dengan status berhenti sementara. Oleh karena itu, permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini yaitu mengenai bentuk jaminan hukum PT. SMA dan upaya perlindungan hukum Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Temanggung terhadap pekerja yang terdampak resesi atas permasalahan PHK massal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian dengan mencari data di lapangan sebagai sumber data utama. Melalui penelitian lapangan (field research) penyusun memperoleh data dengan wawancara dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Temanggung, pihak dari PT. SMA, dan pekerja korban PHK PT. SMA. Data juga diperoleh dari studi kepustakaan yang memanfaatkan bahan bacaan, baik itu buku dari koleksi perpustakaan maupun peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan permasalahan utama. Sifat penelitian yang digunakan dalam penulisan ini bersifat deskriptif-analitis. Teori yang digunakan adalah teori perlindungan hukum, teori kepastian hukum, dan teori hubungan industrial pancasila. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama, bentuk jaminan hukum terhadap pekerja yang mengalami PHK massal adalah mendapatkan uang pesangon, uang penghargaan, dan uang kompensasi berupa uang pisah serta uang pengganti hak sebesar 15% dari total uang yang diperoleh. Pekerja juga dibantu oleh perusahaan dan serikat pekerja dalam pencairan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun. Kedua, upaya perlindungan hukum Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Temanggung terhadap pekerja yang mengalami PHK massal adalah dengan berperan aktif memberikan fasilitas kepada pekerja dalam pengurusan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) serta membantu mengalihkan kepesertaan BPJS Kesehatan ke Peserta Bantuan Iuran (PBI).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Annisa Dian Arini, M.H
Uncontrolled Keywords: resesi ekonomi; hukum ketenagakerjaan; pemutusan hubungan kerja;
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 05 Mar 2024 12:42
Last Modified: 05 Mar 2024 12:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64250

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum