ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II MI MA’ARIF WATUKARUNG

Nur Utami Adiningsih, NIM.: 18104080087 (2023) ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II MI MA’ARIF WATUKARUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II MI MA’ARIF WATUKARUNG)
18104080087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II MI MA’ARIF WATUKARUNG)
18104080087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk kesulitan membaca, mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan membaca permulaan dan mengetahui solusi guru dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan di kelas dua di MI Ma’arif Watukarung. Jenis penelitian ini menggunakan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi observasi kegiatan membaca siswa, hasil wawancara dengan guru dan siswa serta dokumentasi. Hasil yang diperoleh akan dianalisis menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 10 dari 25 siswa yang masih mengalami kesulitan membaca. Bentuk kesalahan membaca yang dialami siswa yaitu lamban dalam membaca, membaca dengan dieja, dan sering mengeja dengan diulang-ulang, intonasi tidak teratur, pemenggalan kata tidak tepat, tidak memperhatikan tanda baca, dan tidak memahami isi teks yang dibaca. Sulit membedakan huruf yang bentuknya mirip, tidak dapat menyebutkan huruf diftong, tidak dapat menyebutkan gabungan huruf konsonan, dan salah dalam menyebutkan huruf. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan membaca permulaan yaitu dari faktor psikologi dan faktor lingkungan. Solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi siswa yang kesulitan membaca permulaan yaitu dengan memberikan jam tambahan, memberikan PR setiap harinya, dan membantu siswa dengan membaca perkata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kesulitan membaca; membaca permulaan; pelafalan kata
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Mar 2024 13:45
Last Modified: 04 Mar 2024 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64251

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum