EFEKTIVITAS BUKU SAKU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA SUKARAJA

Khatim All Fauzi, NIM: 21204082037 (2023) EFEKTIVITAS BUKU SAKU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA SUKARAJA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS BUKU SAKU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA SUKARAJA)
21204082037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS BUKU SAKU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA SUKARAJA)
21204082037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Arab merupakan bahasa yang harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin mempelajari ajaran agama Islam dari sumber aslinya. Hal ini karena sumber dari seluruh ajaran agama Islam adalah tertulis dalam bahasa Arab (Al-Qur’an dan Al- Hadis). Oleh karena itu, sudah sepatutnya bagi setiap muslim untuk mempelajari dan menguasai ilmu-ilmu yang berkaitan dengan bahasa Arab. Keberhasilan belajar peserta didik secara konkrit bisa dilihat dari minat peserta didik dalam belajar dan hasil belajar peserta didik setelah belajar. Jika seorang peserta didik memiliki minat yang tinggi terhadap suatu pelajaran maka peserta didik akan terus berusaha untuk mempelajarinya sehingga didapatkan hasil yang baik. Hasil belajar peserta didik juga menjadi ukuran sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran. Untuk memudahkan peoses pembelajaran maka dibuatlah media pembelajaran yang dianggap dapat efektif dan efesien diantarnya yakni buku saku. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk melihat apakah buku saku efektif berpengaruh dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sukaraja. Analisis penarikan kesimpulan pada penelitan ini melalui beberapa tahap pengujian baik itu segi validitas data, uji asumsi kelasik hingga uji hipotesis. Variabel dalam penelitian ini yakni buku saku bahasa Arab, minat belajar dan hasil belajar bahasa Arab. Sedangkan objek penelitian dilakukan kepada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sukaraja dengan jumlah sampel 30 peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi buku saku bahasa Arab (X) terhadap minat belajar sebesar 0,000 < 0,05, sedangkan perbandingan antara thitung dengan ttabel yaitu 9,241 > 2,048. Dan juga hasil nilai signifikansi buku saku bahasa Arab (X) terhadap hasil belajar sebesar 0,008 < 0,05, sedangkan perbandingan antara thitung dengan ttabel yaitu 2,143 > 2,048. Maka dapat disimpulkan bahwa buku saku bahasa Arab efektif berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda , besarnya pengaruh variabel buku saku terhadap minat belajar bahasa Arab sebesar 74,4%. Sedangkan besarnya pengaruh variabel buku saku terhadap hasil belajar bahasa Arab sebesar 3,5%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Nora Saiva Jananna, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pocket Book; interest in learning; learning results.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Mar 2024 13:51
Last Modified: 04 Mar 2024 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64254

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum