PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS PADA KITAB DURUSUL LUGHOH AL-ARABIYYAH LI GHAIRI NATHIQINA BIHA JILID 1

Esthiningtyas Sheilla Purwandari, NIM.: 21204022008 (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS PADA KITAB DURUSUL LUGHOH AL-ARABIYYAH LI GHAIRI NATHIQINA BIHA JILID 1. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS PADA KITAB DURUSUL LUGHOH AL-ARABIYYAH LI GHAIRI NATHIQINA BIHA JILID 1)
21204022008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS PADA KITAB DURUSUL LUGHOH AL-ARABIYYAH LI GHAIRI NATHIQINA BIHA JILID 1)
21204022008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi santri pondok pesantren untuk siap menghadapi abad 21 yang dituntut untuk kreatif dan kritis dalam berfikir. Berdasarkan observasi dan wawancara, kitab Durusul Lughoh al-Arabiyyah Li Ghairi Nāthiqina Bihā Jilid 1 hanya menyediakan instrumen penilaian pada level kognitif MOTS (Midle Order Thinking Skills ), pada level ini santri belum dilatih dalam berpikir tingkat tinggi. Oleh karena itu, peningkatan instrumen penilaian berbasis HOTS sangat perlu dilakukan untuk menyiapkan santri dalam menghadapi abad-21 yang dituntut untuk berpikir secara cepat, tanggap serta kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian berbasis HOTS dalam kitab Durusul Lughoh al-Arabiyyah Li Ghairi Nāthiqina Bihā Jilid 1. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel yaitu 4-D (Four D Models) yang terbagi menjadi empat tahapan; Define (pendefinisian masalah), Design (perancangan), Development (Pengembangan) dan Dessiminate (penyebaran). Adapun teknik dalam pengambilan data adalah dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskripsi kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengajar bahasa Arab, santri pondok pesantren kelas 1 wustho, ahli materi, ahli instrumen, ahli materi dan kitab Durusul Lughoh al-Arabiyyah Li Ghairi Nāthiqina Bihā Jilid 1. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) hasil validasi dari para ahli, didapatkan skor total dari validator pertama sebesar 95, dari validator kedua didapatkan skor total sebesar 92, dari praktisi pertama didapatkan skor total sebesar 93, dari praktisi kedua didapatkan skor total sebesar 101, dan dari praktisi ketiga mendapatkan skor total sebesar 80. Hasil ini menunjukan bahwa, menurut para ahli produk yang dikembangkan memiliki kalayakan yang sangat baik. (2) Hasil analisa kelayakan dari aspek validitas, instrumen penilaian berbasis HOTS dalam kitab Durusul Lughoh al-Arabiyyah Li Ghairi Nāthiqina Bihā Jilid 1 dinyatakan valid. (3) Hasil analisa kelayakan dari aspek tingkat reliabilitas butir instrumen menunjukan indeks reliabilitas sebesar 0,784berada pada tingkat kategori tinggi. (4) Hasil analisa kelayakan instrumen penilaian dari aspek tingkat kesukaran mendapatkan hasil bahwa tingkat kesukaran instrumen yang dikembangkan bervariasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PEmbimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; HOTS; instrumen penilaian
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Mar 2024 14:17
Last Modified: 04 Mar 2024 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64257

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum