PENGEMBANGAN MODEL PAIRED STORYTELLING MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS KELAS VIII AL-MUTHMAINNAH BIMA

Istiqomatul Hayati, NIM.: 21204021004 (2023) PENGEMBANGAN MODEL PAIRED STORYTELLING MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS KELAS VIII AL-MUTHMAINNAH BIMA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODEL PAIRED STORYTELLING MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS KELAS VIII AL-MUTHMAINNAH BIMA)
21204021004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODEL PAIRED STORYTELLING MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS KELAS VIII AL-MUTHMAINNAH BIMA)
21204021004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya penggunaan media yang ada di MTS Al-muthmainnah Bima, dimana proses pembelajaran hanya berlandaskan buku paket dan metode yang digunakan guru yakni muhadatsah. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya minat peserta didik dalam mempelajari Bahasa Arab serta menyebabkan hasil belajar peserta didik ikut terseret akan permasalahan tersebut. Permasalahan ini tentunya lahir dari minimnya ketersediaan sarana dan pra sarana yang ada disekolah sehingga menyebabkan pendidik tidak dapat menggunakan media yang berbasis teknologi. Guru atau pendidik hanya terpaku pada metode ceramah serta tanya jawab sehingga minat siswa dalam mempelajari Bahasa Arab berkurang dikarenakan tidak adanya media yang menjadi perantara agar proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan menarik. Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut peneliti bertujuan untuk mengembangkan model paired storytelling menggunakan media visual gambar dalam proses pembelajaran agar dapat membantu guru serta dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik. Peneliti menggunakan desain penelitian Research and Development (R&D) dengan mengikuti Langkah-langkah ADDIE (a) Analysis (analisis) (b) Design (Desain) (c) Development (Pengembangan) (d) Implementation (Implementasi), dan (e) Evaluation (Evaluasi). Pengujian kelayakan aplikasi dilakukan dengan meminta saran kepada ahli media dan ahli materi. Untuk mengetahui efektivitas aplikasi, peneliti mengimplementasikan kepada peserta didik melalui hasil pre-tes dan post-tes. Data penelitian dikumpulkan melalui tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang berbentuk angka dianalisis menggunakan uji Sampel Paired T-Test menggunakan aplikasi SPSS 22. Penelitian ini mengambil sampel seluruh siswa kelas VIII ABC MTS Al-muthmainnah sebanyak 52 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Konsep pengembangan model paired storytelling menggunakan media visual gambar bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir dan berimajinasi siswa, model ini memanfaatkan kerjasama dan kolaborasi antara siswa dalam proses pembelajaran, serta menggunakan media visual seperti gambar untuk mendukung pemahaman dan keterampilan siswa. 2. Desain produk yang dikembangkan berupa Model Paired storytelling menggunakan media visual gambar yang telah dikembangkan oleh peneliti dengan prosedur ADDIE. Dengan hasil validasi para ahli terkait dengan kelayakan media visual gambar yang telah dikembangkan yang meliputi validasi ahli media dengan hasil presentase penilaian sebesar 83%, dan ahli materi sebesar 89%, keseluruhan hasil presentase penilaian dari para ahli tersebut mendapatkan kategori validasi “sangat baik”. Sementara pada respon guru, peneliti mendapatkan presentase penilaian sebesar 86%, dan pada respon siswa peneliti mendapatkan presentase penilaian sebesar 87%, dan keduanya peneliti mendapatkan kategori penilaian “Sangat Baik”. 2. Hasil implementasi pre-test dan post-test terhadap pengembangan model paired storytelling menggunakan media visual gambar yang telah dikembangkan peneliti pada peserta didik kelas VIII A yang berjumlah 17 siswa. Peneliti mendapatkan pesentase penilaian pre-test sebesar 59% dan post-test sebesar 88%, dan dengan hasil Sig. (2-tailed) paired sample t-test sebesar 0,000 dimana hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman serta hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan model paired storytelling menggunakan media visual gambar pada pembelajaran Bahasa Arab di MTS Al-muthmainnah Bima efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa serta meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhamaad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: model paired storytelling; media visual; Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Mar 2024 14:19
Last Modified: 05 Mar 2024 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64286

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum