RESILIENSI REMAJA DISABILITAS YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN ( STUDI KASUS PANTI III YAYASAN SAYAP IBU YOGYAKARTA)

Salsabila Shafa Khoirunnisa, NIM.: 18102050050 (2023) RESILIENSI REMAJA DISABILITAS YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN ( STUDI KASUS PANTI III YAYASAN SAYAP IBU YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESILIENSI REMAJA DISABILITAS YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN ( STUDI KASUS PANTI III YAYASAN SAYAP IBU YOGYAKARTA))
18102050050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (RESILIENSI REMAJA DISABILITAS YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN ( STUDI KASUS PANTI III YAYASAN SAYAP IBU YOGYAKARTA))
18102050050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Panti asuhan sayap ibu III membedakan dirinya dari panti asuhan lainnya. Secara umum, panti asuhan menampung anak-anak yang memiliki keadaan normal namun panti asuhan sayap ibu III memiliki fokus khusus dengan menampung remaja yang menghadapi keterbatasan fisik. Kondisi fisik yang terbatas bisa mengakibatkan kurangnya motivasi untuk melakukan aktivitas sehari-hari secara mandiri, dan seringkali memerlukan bantuan orang lain. Setiap individu memiliki kemampuan untuk menghadapi kesulitan di dalam hidupnya, kemampuan tersebut bernama resiliensi. Tidak terkecuali pada remaja dimana resiliensi memainkan peran yang penting untuk membantu mereka dalam mengatasi berbagai kesulitan berupa tantangan atau masalah yang datang kepada individu. Dalam penelitian Resiliensi Remaja Disabilitas dipanti asuhan sayap ibu ini bertujuan mengetauhi bagaimana bentuk resiliensi remaja disabilitas dipanti asuhan sayap ibu III, adapun penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriftif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumen di panti asuhan sayap ibu adapun hasil penelitian yaitu ada 3 sumber bentuk resiliensi remaja disabilitas dipanti asuhan sayap ibu yang pertama, I Have adalah dukungan sosial dari teman dan para pengasuh di panti asuhan sayap ibu 3, untuk sumber kedua I Am, adalah rasa mampu dan optimis menjadi bentuk terbentuknya resilien dari kelima subjek mereka sangat optimis akan dirinya bahwa kesempatan tidak datang untuk orang tertentu saja melainkan semua orang juga mempunyai kesempatan. Dan sumber resiliensi ketiga yakni I Can, adalah dengan kemampuan yang mereka miliki mereka dapat menyelesaikan sebuah persoalanya yang mereka sedang alami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEmbimbing: Idan Ramdani, M.A.
Uncontrolled Keywords: perkembangan sosial; remaja disabilitas; Panti Asuhan Sayap Ibu III
Subjects: Kesejahteraan Sosial
DISABILITAS
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Mar 2024 08:27
Last Modified: 06 Mar 2024 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64293

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum