DETERMINAN EMISI KARBON DI NEGARA-NEGARA G-20 DENGAN FINANCIAL DEVELOPMENT SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Hasbi, NIM.: 21208012024 (2023) DETERMINAN EMISI KARBON DI NEGARA-NEGARA G-20 DENGAN FINANCIAL DEVELOPMENT SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI SALAH SATU TUGAS PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
21208012024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI SALAH SATU TUGAS PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
21208012024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dalam 40 tahun terakhir, penguatan terus-menerus efek rumah kaca telah menyebabkan peningkatan suhu rata-rata global yang signifikan. Meskipun pemahaman masyarakat terhadap perubahan iklim telah meningkat, dunia belum menyaksikan penurunan emisi polutan yang signifikan oleh karena itu, sangat penting untuk menemukan akar penyebabnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh trade openess, foreign direct investment, gross domestic product, human capital, industry, financial development terhadap emisi karbon (CO2) di negara G20 selama periode 2000-2019. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Method Generalized Least Square (GLS) dan pengolahan data menggunakan aplikasi STATA versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trade openess, gross domestic product, human capital, dan industry berpengaruh signifikan terhadap emisi karbon (CO2) sementara foreign direct investment tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Selain itu, variabel Financial Development mampu memoderasi pengaruh trade openess, gross domestic product, human capital, industry terhadap emisi karbon (CO2) tetapi disisi lain tidak bisa memoderasi foreign direct investment. Temuan penelitian ini memberikan kontribusi pada pengetahuan dengan menyediakan bukti baru tentang hubungan antara metrik pembangunan keuangan dan lingkungan. Temuan ini sangat penting bagi pembuat kebijakan dan otoritas terkait untuk fokus pada pembangunan ekonomi tanpa membahayakan kerusakan lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Ghafur Wibowo, S.E., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Emisi karbon; Trade Openes; Foreign Direct Investment; Gross Domestic Product; Human Capital; Financial Development.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Mar 2024 10:00
Last Modified: 07 Mar 2024 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64296

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum