PROGRAM SENAYAN UNTUK PENGOLAHAN KOLEKSI S2 SOSIOLOGI DI PERPUSTAKAAN FISIPOL UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA

Yusuf Dwi Novianto, NIM.: 07130035 (2010) PROGRAM SENAYAN UNTUK PENGOLAHAN KOLEKSI S2 SOSIOLOGI DI PERPUSTAKAAN FISIPOL UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA. Laporan D3 thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM SENAYAN UNTUK PENGOLAHAN KOLEKSI S2 SOSIOLOGI DI PERPUSTAKAAN FISIPOL UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM SENAYAN UNTUK PENGOLAHAN KOLEKSI S2 SOSIOLOGI DI PERPUSTAKAAN FISIPOL UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kata pengolahan dapat diartikan sebagai pemrosesan. Pemrosesan disini diartikan sebagai pengolahan buku di perpustakaan mulai pustaka/buku masuk ke perpustakaan sampai siap untuk dimanfaatkan oleh pemustaka. Setelah bukubuku, majalah atau jenis bahan pustaka diterima belum berarti boleh segera ditempatkan di dalam rak dan di pinjamkan. Bahan pustaka tersebut harus terlebih dahulu dipersiapkan atau dengan kata lain diproses atau diolah. Pengolahan buku atau koleksi itu sendiri adalah suatu kegiatan pokok yang harus dilakukan perpustakaan mulai dari memberi cap/stempel pada buku, inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi sampai penyusun buku di rak. Sehingga akan mempermudah bagi pengguna dalam pencarian buku atau informasi yang dibutuhkan. Langkah awal dalam proses pengolahan koleksi buku menggunakan program Senayan pada koleksi S2 Sosiologi di Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta adalah sebagai berikut: a. Pengecapan dan Inventarisasi b. Klasifikasi c. Katalogisasi d. Proses Pengolahan Buku Menggunakan Program Senayan 1) Input data bibliografi ke dalam Microsoft Office Excel 2) Import data bibliografi 3) Pembuatan label buku 4) Pembuatan barcode koleksi 5) Input data anggota Maka kesimpulannya, proses pengolahan koleksi S2 Sosiologi menggunakan program Senayan yang dilakukan Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta sangatlah efisien dan menghemat waktu karena memanfaatkan program-program lain dalam mendukung Program Senayan itu sendiri dalam proses pengolahan koleksi buku.

Item Type: Thesis (Laporan D3)
Additional Information: Pembimbing: Anis Masruri., S.Ag. SIP. M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengolahan Koleksi, Program Senayan, Otomasi Perpustakaan
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Perpustakaan > Perpustakaan Sekolah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Mar 2024 10:33
Last Modified: 07 Mar 2024 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64309

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum