BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS IX SMPIT ABU BAKAR FULLDAY SCHOOL YOGYAKARTA

Aida Fithriya, NIM.: 18102020051 (2024) BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS IX SMPIT ABU BAKAR FULLDAY SCHOOL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS IX SMPIT ABU BAKAR FULLDAY SCHOOL YOGYAKARTA)
18102020051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS IX SMPIT ABU BAKAR FULLDAY SCHOOL YOGYAKARTA)
18102020051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan kenakalan remaja dari tahun ke tahun berdasarkan data Badan Pusat Statistik membuktikan bahwa akhlakul karimah mengalami penurunan terutama di kalangan remaja atau usia-usia anak sekolahan. Padahal, akhlakul karimah merupakan komponen penting terutama bagi seorang muslim. Salah satu upaya untuk meningkatkan akhlakul karimah siswa adalah dengan bimbingan kelompok. Para pembina dapat memberikan bimbingan sesuai dengan karakter kelompoknya dan memudahkan “mendalami” para siswa sehingga bisa memastikan akhlak para siswa lebih baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah satu guru BK, dua pembina bimbingan kelompok kelas IX (1 ustadz dan 1 ustadzah), serta empat siswa peserta bimbingan kelompok kelas IX (2 putri dan 2 putra) SMPIT Abu Bakar Fullday School Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis metode bimbingan kelompok untuk meningkatkan akhlakul karimah siswa kelas IX SMPIT Abu Bakar Fullday School Yogyakarta. Hasil menunjukkan bahwa akhlakul karimah siswa meningkat dari bimbingan kelompok yang dilaksanakan. Layanan ini menggunakan empat metode; ceramah, tanya-jawab, diskusi dan penugasan. Metode yang paling efektif adalah diskusi dan tanya-jawab, dikarenakan adanya komunikasi dua arah sehingga aktivitas bimbingan kelompok menjadi lebih hidup dan interaktif. Juga, pemahaman yang ditangkap lebih menyeluruh dan sesuai dengan kebutuhan para siswa. Namun, umumnya keempat metode dikolaborasikan dalam pelaksanaan layanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Anggi Jatmiko, S.Pdi., M.A.
Uncontrolled Keywords: group guidance; morals; akhlakul karimah
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Mar 2024 09:21
Last Modified: 13 Mar 2024 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64334

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum