PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA (UP2K) DI KELURAHAN PRAWIRODIRJAN KEMANTREN GONDOMANAN KOTA YOGYAKARTA

Dhea Alifia Putri Widowati, NIM.: 18102050009 (2024) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA (UP2K) DI KELURAHAN PRAWIRODIRJAN KEMANTREN GONDOMANAN KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA (UP2K) DI KELURAHAN PRAWIRODIRJAN KEMANTREN GONDOMANAN KOTA YOGYAKARTA)
18102050009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA (UP2K) DI KELURAHAN PRAWIRODIRJAN KEMANTREN GONDOMANAN KOTA YOGYAKARTA)
18102050009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Usaha Peningkatan Pendapatan merupakan sebuah program kegiatan atau usaha ekonomi yang dilakukan oleh keluarga dengan perempuan atau ibu rumah tangga sebagai penggeraknya. Program ini bertujuan untuk memberdayakan dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan perempuan dari keluarga dengan taraf ekonomi yang rendah. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pemberdayaan melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Kelurahan Prawirodirjan Kemantren Gondomanan Kota Yogyakarta. Pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 9 informan. Teknik analisis yang digunakan dalam analisis data menggunakan teknik reduksi data, teknik penyajian data, dan teknik penarikan kesimpulan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemberdayaan perempuan melalui Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Kelurahan Prawirodirjan, Kemantren Gondomanan, Kota Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemberdayaan perempuan di Kelurahan Prawirodirjan Kemantren Gondomanan Kota Yogyakarta sudah dilakukan terdapat 4 tahapan pemberdayaan yaitu tahapan pembentukan kesepakatan bersama, tahapan sosialisasi pemberdayaan terhadap perempuan, proses pemberdayaan perempuan, dan monitoring serta evaluasi terhadap pemberdayaan perempuan. Bentuk-bentuk pemberdayaan yang dilakukan oleh kelompok khusus atau poksus UP2K dalam menyampaikan materi pada setiap pertemuan UP2K yaitu melalui sosialisasi, diskusi, melakukan praktek atau pelatihan-pelatihan, dan bazar atau kurasi produk. Adapun materi yang disampaikan dalam setiap pertemuan UP2K yaitu perencanaan kegiatan, evaluasi kegiatan, pembinaan administrasi, pembinaan keterampilan, dan pembinaan teknis UP2K.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Asep Jahidin, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan perempuan; Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K); PKK
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Wanita Dalam Keluarga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Mar 2024 09:30
Last Modified: 13 Mar 2024 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64335

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum