STRATEGI PENYAMPAIAN PROTES SIMBOLIK: STUDI PILIHAN RASIONAL MASSA AKSI KAMISAN DI TUGU PAL PUTIH YOGYAKARTA

Mualfi Fahrul Fanani, NIM.: 19107020068 (2024) STRATEGI PENYAMPAIAN PROTES SIMBOLIK: STUDI PILIHAN RASIONAL MASSA AKSI KAMISAN DI TUGU PAL PUTIH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENYAMPAIAN PROTES SIMBOLIK: STUDI PILIHAN RASIONAL MASSA AKSI KAMISAN DI TUGU PAL PUTIH YOGYAKARTA)
19107020068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENYAMPAIAN PROTES SIMBOLIK: STUDI PILIHAN RASIONAL MASSA AKSI KAMISAN DI TUGU PAL PUTIH YOGYAKARTA)
19107020068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Di Indonesia dinamika pasang surut demokrasi sudah terjadi sejak berdirinya Republik Indonesia. Ditengah mudahnya kebebasan berpendapat, aksi protes menjadi hal yang mewarnai perjalanan demokrasi. Protes menjadi alternatif gerakan yang selalu dilakukan apabila suara masyarakat tidak lagi didengar, upaya dalam melakukan kritik dan saran tak lagi diindahkan, atau bahkan kebijakan yang diambil pemerintah terus menerus tidak memberikan dampak positif terhadap masyarakat luas. Protes selalu identik dengan hingar-bingar, tumpah ruah dijalan, bahkan tak jarang merusak fasilitas publik demi menarik masyarakat lebih luas. Namun, bagaimana jika aksi protes tersebut dilakukan melalui aksi pesan simbolik tertentu untuk menarik simpati masyarakat luas, seperti dalam Aksi Kamisan atau biasa juga disebut “Protes Payung Hitam”. Satu diantaranya ada di Yogyakarta yang dilakukan di Tugu Pal Putih Yogyakarta yang diinidiasi oleh salah satu LSM Social Movement Institute (SMI). Aksi Kamisan terus konsisten bertahun-tahun memprotes, mempertanyakan, dan menuntut keadilan, terbukti nyata merawat ingatan, memiliki implikasi positif terhadap banyak orang, dengan metode dan gagasan suci terhadap visi dan misi yang ingin dicapai, namun luput dari amatan ilmuan. Aksi Kamisan higga saat ini, ditengah pasang surutya memperoleh keadilan khususnya terhadap korban pelanggaran Hak Asasi Manusia berat masa lalu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pilihan rasional aktor Aksi Kamisan di Tugu PAL Putih Yogyakarta yang membawanya terus melaksanakan secara konsisten bertahun-tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori Pilihan Rasional James C. Coleman. Hasil penelitian menunjukan bahwa Aksi Kamisan Yogyakarta merupakan suatu bentuk protes dengan tujuan menyebarluaskan tuntutan pelanggaran HAM secara khusus dan pelanggaran lainnya secara umum, juga sebagai upaya menjaga nyala api perjuangan, dan menuntut keadilan. Aktor Aksi Kamisan Yogyakarta adalah LSM SMI secara khusus. Pilihan Rasional aktor dalam memilih Aksi Kamisan tidak dapat terlepas dari nilai-nilai yang diyakini sekaligus sebagai pondasi atas pilihan yang harus dipilih. Aksi Kamisan Yogyakarta dilakukan secara rutin selama bertahun-tahun melalui beberapa strategi yang dipilih aktor berupa pemilihan tempat, kolaborasi, yang juga ditopang oleh sumber daya yang mumpuni dan paham mengenai Aksi Kamisan tersebut. Sementara itu, dalam melaksanakan Kamisan, tentunya Sktor memiliki preferensi, dan nilai tertentu yang menjadi dasar atas apa yang harus dilakukan. Nilai-nilai tersebut diantaranya adalah nilai ideologi organisasi, nilai sosial, dan nilai politik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Andri Rrosadi, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Aksi Kamisan; HAM; pilihan rasional
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Mar 2024 09:00
Last Modified: 15 Mar 2024 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64367

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum