HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU CELEBRITY WORSHIP PADA DEWASA AWAL KOMUNITAS BAIA YOGYAKARTA

Hurun’in, NIM.: 19107010110 (2023) HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU CELEBRITY WORSHIP PADA DEWASA AWAL KOMUNITAS BAIA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU CELEBRITY WORSHIP PADA DEWASA AWAL KOMUNITAS BAIA YOGYAKARTA)
19107010110_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU CELEBRITY WORSHIP PADA DEWASA AWAL KOMUNITAS BAIA YOGYAKARTA)
19107010110_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena celebrity worship terhadap BTS yang merupakan boy-band asal Korea yang banyak diminati oleh individu dewasa awal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan harga diri dan celebrity worship pada dewasa awal anggota komunitas BAIA Yogyakarta. Penelitian menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel berjumlah 89 orang anggota BAIA Yogyakarta yang berusia 20-30 tahun. Sampel dipilih menggunakan non probability sampling dengan teknik quota sampling, serta harga diri sebagai variabel bebas dan celebrity worship sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Skala Harga Diri yang memiliki nilai koefisien reliabilitas sebesar 0.906 dan Skala Celebrity Worship yang memiliki nilai koefisien 0.932. Skala yang digunakan adalah skala likert dengan data yang dihasilkan berupa data ordinal sehingga analisis korelasi dilakukan menggunakan pearson r. Hasil penelitian menunjukkan secara umum harga diri dan perilaku celebrity worship anggota komunitas berada pada kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis dengan analisis korelasi pearson r yaitu = -0,457, Sig. = 0,000 < 0,005 yang artinya terdapat hubungan negatif antara harga diri dengan perilaku celebrity worship pada dewasa awal komunitas BAIA Yogyakarta. Sumbangan Efektif yang diberikan harga diri pada variabel celebrity worship adalah 20.9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mayreyna Nurwardani, S.Psi., M.Psi.
Uncontrolled Keywords: Celebrity Worship; Dewasa Awal; Harga Diri; penggemar
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Mar 2024 10:52
Last Modified: 15 Mar 2024 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64375

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum