IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XB SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA

Ulfah Anis, NIM.: 06600036 (2010) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XB SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XB SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XB SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa kelas XB SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta dalam pembelajaran matematika dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dengan metode Snowball Drilling. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif didukung dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian siswa kelas XB dengan banyak siswa 23 orang dan guru bidang studi matematika SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta pada semester genap T.A 2009/2010. Objek penelitian ini adalah keseluruhan proses implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dengan metode Snowball Drilling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar obsevasi guru dan siswa, lembar angket, hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknis anlisis data dilakukan menurut Miles and Huberman yang terdiri dari empat komponen yaitu dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, display data, serta pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dengan metode Snowball Drilling, tingkat keaktifan belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Peningkatan keaktifan siswa ditunjukkan dengan adanya perhatian siswa terhadap penjelasan guru, berani mengajukan pertanyaan, melakukan proses penyelesaian masalah dengan memahaminya lebih detail, aktif dalam diskusi kelompok, mengkonstruk sendiri pengetahuan yang didapatkan setelah proses diskusi yaitu dengan menuliskan hasil diskusinya, berani mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas, serta berani memberikan tanggapan terhadap kelompok lain, Pembelajaran yang dilakukan dengan desain secara individu dan kelompok, dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyampaikan gagasan, mendengarkan gagasan orang lain, serta dapat mengambil kesimpulan secara tepat. Secara kuantitif peningkatan keaktifan siswa terlihat dari peningkatan rata-rata persentase skor angket keaktifan belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I yaitu sebesar 74,15% dengan kategori tinggi ke siklus II sebesar 78,17% dengan kategori tinggi. Keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 4,02%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Khurul Wardati, M.Si dan Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (Ttw), Metode Snowball Drilling, Keaktifan Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Mar 2024 09:20
Last Modified: 19 Mar 2024 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64387

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum