PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA (STUDI EKSPERIMEN DI SMA N 1 WERU SUKOHARJO).

Rofiqoh Indrastuti Marzuki, NIM.: 06600023 (2010) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA (STUDI EKSPERIMEN DI SMA N 1 WERU SUKOHARJO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA (STUDI EKSPERIMEN DI SMA N 1 WERU SUKOHARJO).)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA (STUDI EKSPERIMEN DI SMA N 1 WERU SUKOHARJO).)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Menelaah pengaruh penggunaan teknik SQ3R terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.(2) Menelaah pengaruh penggunaan teknik SQ3R terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.(3) Menelaah korelasi antara kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa pada taraf kepercayaan 95%. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain control group pretes-postes. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa teknik SQ3R dan variabel terikat berupa kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 256 siswa kelas X. Pengambilan sampel dilakukan secara acak setelah sebelumnya melakukan uji normalitas dan homogenitas, terpilih kelas X.8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.7 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes dan analisis data menggunakan Uji-t dan analisis korelasi (dengan bantuan software SPSS 15). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata pretes siswa kelas eksperimen sama dengan nilai rata-rata pretes siswa kelas kontrol dan nilai rata-rata postes siswa kelas eksperimen lebih baik dari nilai ratarata postes siswa kelas kontrol. Peningkatan nilai rata‐rata siswa yang memperoleh pembelajaran dengan teknik SQ3R lebih tinggi dari pada peningkatan nilai ratarata siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Maka dapat disimpulkan bahwa teknik SQ3R memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa SMA. Berdasarkan hasil pengujian antara kemampuan penalaran dan komunikasi matematis memiliki korelasi sebesar 0,425 yang artinya kemampuan penalaran dan komunikasi matematis memiliki korelasi yang signifikan (cukup kuat).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Wakhid Musthofa, M.Si dan Ibrahim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: SQ3R, Penalaran Matematis, Komunikasi Matematis
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Mar 2024 09:41
Last Modified: 19 Mar 2024 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64392

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum