PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MA WAHID HASYIM

Heri Kiswanto, NIM.: 05430007 (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MA WAHID HASYIM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MA WAHID HASYIM)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MA WAHID HASYIM)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika pokok bahasan persamaan dan fungsi kuadrat siswa kelas XA MA Wahid Hasyim Yogyakarta dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XA MA Wahid Hasyim Yogyakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 22 siswa. Sedangkan, obyek penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, kreativitas dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini terlaksana sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil angket kreativitas siswa yang triangulasikan dengan hasil wawancara siswa, jurnal harian, hasil LKS, hasil tes siklus, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan melalui beberapa tahapan yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation yang dilakukan dengan empat tahapan yaitu mengidentifikasi topik dan mengatur murid ke dalam kelompok, nerencanakan tugas yang akan dilaksanakan, melaksanakan investigasi, menyiapkan laporan akhir, mempresentasikan laporan akhir, dan evaluasi secara kualitatif dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika siswa pokok bahasan persamaan dan fungsi kuadrat. Peningkatan kreativitas siswa dapat dilihat dari meningkatnya aspek-aspek dalam kreativitas yaitu keterlibatan dalam menemukan konsep, kemampuan memecahkan masalah dengan berbagai cara, kemampuan mengelaborasi, keterampilan menilai, berani mengambil resiko, ketepatan dan kecepatan dalam memberikan jawaban, mempunyai motivasi tinggi. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 71,18 pada siklus I menjadi 76,50 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Edi Prajitno, M.Pd. dan Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Mar 2024 09:09
Last Modified: 20 Mar 2024 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64402

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum