GREEN-SYNTHESIS NANOPARTIKEL Fe3O4/GO DENGAN EKSTRAK MORINGA OLEIFERA SEBAGAI DEGRADATOR PADA AIR LIMBAH ANORGANIK

Wibby Arief, NIM.: 19106020038 (2024) GREEN-SYNTHESIS NANOPARTIKEL Fe3O4/GO DENGAN EKSTRAK MORINGA OLEIFERA SEBAGAI DEGRADATOR PADA AIR LIMBAH ANORGANIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GREEN-SYNTHESIS NANOPARTIKEL Fe3O4/GO DENGAN EKSTRAK MORINGA OLEIFERA SEBAGAI DEGRADATOR PADA AIR LIMBAH ANORGANIK)
19106020038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (GREEN-SYNTHESIS NANOPARTIKEL Fe3O4/GO DENGAN EKSTRAK MORINGA OLEIFERA SEBAGAI DEGRADATOR PADA AIR LIMBAH ANORGANIK)
19106020038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin maju tanpa disadari dapat menimbulkan berbagai dampak negatif yang perlu diperhatikan. Salah satu contohnya adalah pesatnya industri tekstil, yang menghasilkan limbah zat warna yang dapat merusak biota di lingkungan perairan. Rhodamine B merupakan salah satu zat pewarna yang digunakan industri tekstil. Limbah ini memiliki tingkat toksisitas yang tinggi, dapat menyebabkan kanker, dan bahkan berpotensi membunuh organisme akuatik. Oleh karena itu diperlukan suatu metode untuk menguraikan limbah Rhodamine B. Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis komposit Fe3O4/GO, mengkarakterisasi komposit Fe3O4/GO serta menganalisis pengaruh penambahan GO sebanyak 25%, dan 50% pada Fe3O4 terhadap sifat fotokatalitik untuk degradasi Rhodamine B. Penelitian ini menggunakan metode fotodegradasi untuk menguraikan Rhodamine B. Fotokatalis yang digunakan adalah semikonduktor Fe3O4 yang dikompositkan dengan GO. Pembuatan GO dilakukan dengan modifikasi metode Hummer dan Fe3O4 disintesis hijau dengan metode kopresipitasi. Proses karakterisasi yang dilakukan adalah XRD, FTIR, UV-Vis, dan pengujian fotokatalitik, dari pengujian yang dilakukan telah berhasil mensintesis komposit Fe3O4/GO. Hasil pengujian fotokatalitik dengan penambahan GO 50% pada Fe3O4 menunjukkan hasil yang paling maksimum dimana Rhodamine B yang terdegradasi mencapai 83.92% .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Widayanti, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Graphene Oxide; Green-synthesis; Magnetitte; Photocatalyst.
Subjects: Fisika
Tanaman
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Mar 2024 12:06
Last Modified: 20 Mar 2024 12:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64423

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum