RANCANG BANGUN SISTEM PEMANTAUAN PERGESERAN TANAH MENGGUNAKAN ARDUINO, SENSOR AKSELEROMETER, MODUL NRF24L01+, DAN SENSOR SOIL MOISTURE BERBASIS MICROSOFT EXCEL.

Muh. Hamzah Tsalis Nurrohkhim, NIM.: 19106020011 (2024) RANCANG BANGUN SISTEM PEMANTAUAN PERGESERAN TANAH MENGGUNAKAN ARDUINO, SENSOR AKSELEROMETER, MODUL NRF24L01+, DAN SENSOR SOIL MOISTURE BERBASIS MICROSOFT EXCEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RANCANG BANGUN SISTEM PEMANTAUAN PERGESERAN TANAH MENGGUNAKAN ARDUINO, SENSOR AKSELEROMETER, MODUL NRF24L01+, DAN SENSOR SOIL MOISTURE BERBASIS MICROSOFT EXCEL.)
19106020011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (RANCANG BANGUN SISTEM PEMANTAUAN PERGESERAN TANAH MENGGUNAKAN ARDUINO, SENSOR AKSELEROMETER, MODUL NRF24L01+, DAN SENSOR SOIL MOISTURE BERBASIS MICROSOFT EXCEL.)
19106020011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya korban yang timbul akibat bencana tanah longsor di Indonesia. Tujuannya adalah merancang, membuat, dan menguji sistem pemantauan pergeseran tanah menggunakan Arduino, sensor akselerometer, modul nRF24L01+, dan sensor soil moisture berbasis Microsoft Excel. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu perancangan, pembuatan, dan pengujian sistem. Sistem dirancang menggunakan SketchUp untuk desain keseluruhan sistem dan Fritzing untuk skema rangkaian sistem. Pembuatan sistem ini meliputi pembuatan perangkat keras yang meliputi pembuatan casing dan blok sistem, serta pembuatan perangkat lunak yang meliputi tampilan pada Microsoft Excel. Pengujian ini dilakukan untuk mencari nilai akurasi dan presisi keterulangan sistem dengan parameter kelembapan tanah. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini memiliki nilai akurasi rata-rata kelembapan tanah sebesar 92,10%. Nilai presisi keterulangan rata-rata untuk pengujian kelembapan tanah menunjukkan nilai sebesar 90,90%. Meskipun demikian, hasil pengujian menunjukkan bahwa parameter sistem ini belum sepenuhnya mencapai pengukuan akurat dan konsisten sesuai standar alat ukur di Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam bidang mitigasi bencana di wilayah rawan longsor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing; Frida Agung Rakhmadi, S.Si., M.Sc
Uncontrolled Keywords: MPU6050; Arduino; soil moisture sensor
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Mar 2024 14:03
Last Modified: 20 Mar 2024 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64431

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum