KONTRAK KERJA DENGAN SYARAT MEMBERIKAN JAMINAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI DI GRISSEE KOPI DAN TEH SETURAN YOGYAKARTA)

Harjianto, NIM.: 04380033 (2010) KONTRAK KERJA DENGAN SYARAT MEMBERIKAN JAMINAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI DI GRISSEE KOPI DAN TEH SETURAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRAK KERJA DENGAN SYARAT MEMBERIKAN JAMINAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI DI GRISSEE KOPI DAN TEH SETURAN YOGYAKARTA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONTRAK KERJA DENGAN SYARAT MEMBERIKAN JAMINAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI DI GRISSEE KOPI DAN TEH SETURAN YOGYAKARTA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sistem penerimaan tenaga kerja memang menjadi salah satu indikator majunya sebuah usaha. Tenaga kerja merupakan faktor produksi yang diakui di setiap sistem ekonomi terlepas dari kecenderungan ideologi yang diterapkan dalam usahanya. Dalam Islam buruh bukanlah suatu jumlah usaha atau jasa abstrak yang hanya ditawarkan untuk dijual pada majikan, tetapi para majikan mempunyai tanggung jawab moral dan sosial. Akan tetapi sering sekali sebuah perusahaan memanfaatkan kondisi sosial masyarakat tersebut dengan cara menekan mereka dari segi kontrak yang akan ditandatanganinya. Fenomena yang terjadi di Grissee Kopi dan Teh menggambarkan adanya masalah yang harus diteliti lebih jauh tentang kontrak kerja bersyarat dengan cara memberikan jaminan bagi calon pekerjanya. Dalam hal ini Grissee Kopi dan Teh membebani kepada para karyawannya untuk memberikan jaminan berupa Ijazah. Hal itu dikarenakan untuk menghindari pengingkaran atas perjanjian yang dilakukan oleh karyawannya. Berdasarkan latar belakang tersebut penyusun tertarik untuk mengkaji lebih dalam terhadap masalah ini. Penelitian ini bersifat kualitatif-normatif dan pendekatan yang digunakan penyusun dalam penelitian ini adalah pendekatan normatif. Pendekatan normatif di sini penyusun berusaha menjelaskan masalah yang dikaji dengan norma atau Hukum Islam atau hasil pemikiran manusia yang diformulasikan dalam bentuk fikih. Ini dilakukan karena hubungan Islam dengan masalah ketenagakerjaan merupakan bagian dari kajian hukum Islam, khususnya fikih muamalah. Hasil dari penelitian ini adalah mengemukakan tentang bagaimanakah bentuk kontrak kerja dengan syarat memberikan jaminan, penilaian hukum islam terhadap kontrak tersebut, dan penyelesaian atas pengingkaran perjanjian dengan syarat memberikan jaminan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Fuad Zein, M.A., dan Nanang M. Hidayatullah, S.H., M.Si
Uncontrolled Keywords: Ijarah, Perjanjian Kerja, Hukum Islam
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Mar 2024 08:41
Last Modified: 21 Mar 2024 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64438

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum