KEANEKARAGAMAN KUPU-KUPU (ORDO LEPIDOPTERA) SUBORDO RHOPALOCERA DI KAWASAN GOA SELARONG, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Aulya Nidaur Rahmah, NIM.: 17106040038 (2024) KEANEKARAGAMAN KUPU-KUPU (ORDO LEPIDOPTERA) SUBORDO RHOPALOCERA DI KAWASAN GOA SELARONG, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEANEKARAGAMAN KUPU-KUPU (ORDO LEPIDOPTERA) SUBORDO RHOPALOCERA DI KAWASAN GOA SELARONG, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
17106040038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KEANEKARAGAMAN KUPU-KUPU (ORDO LEPIDOPTERA) SUBORDO RHOPALOCERA DI KAWASAN GOA SELARONG, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
17106040038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kupu-kupu merupakan serangga yang keberadaanya sangat bergantung pada kualitas habitat dan ketersediaan tumbuhan. Kawasan Goa Selarong sebagai habitat kupu-kupu dengan lokasi yang terasosiasi dengan berbagai aktivitas masyarakat, pembangunan, serta kawasan wisata berpengaruh terhadap keanekaragaman kupu-kupu di alam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keanekaragaman, indeks nilai penting, dan peran vegetasi terhadap kupu-kupu di Kawasan Goa Selarong, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode yang digunakan yaitu purposive sampling ditinjau dari segi pemanfaatan lahan. Teknik sampling menggunakan line transect dikombinasikan dengan point count yang memiliki diameter 20 meter dengan jarak antar plot 10 meter dengan waktu pengamatan selama 10-15 menit dalam setiap titik. Hasil pengamatan ditemukan Famili Papilionidae 5 spesies, Nymphalidae 28 spesies, Pieridae 9 spesies, Lycaenidae 10 spesies, dan Hesperiidae 9 spesies. Spesies yang mempunyai INP tertinggi pada agroforestry yaitu Ideopsis juventa (28,56%), pada kawasan wisata adalah Papilio memnon (24,82%), dan pada lokasi permukiman adalah Papilio memnon (23,85%). Indeks keanekaragaman pada lokasi agroforestry 3,19; pada kawasan wisata 3,16; dan pada lokasi permukiman 2,83. Terdapat 39 spesies tumbuhan yang berasosiasi dengan kupu-kupu serta 21 tumbuhan memiliki korelasi yang dibutuhkan. Kondisi lingkungan yaitu kelembaban udara berkisar 48,1-56,3%, suhu udara berkisar 29,9-31,30C, intensitas cahaya berkisar 15.923-29.402 lux, dan kecepatan angin berkisar 0,0-0,2 m/s. Penelitian ini memiliki simpulan yaitu ditemukan 61 spesies dari 46 genus dan 5 famili. Spesies yang memiliki INP tertinggi pada lokasi agroforestry yaitu Ideopsis juventa, pada kawasan wisata yaitu Papilio memnon, dan pada lokasi permukiman yaitu Papilio memnon. Indeks keanekaragaman kupu-kupu pada lokasi agroforestry dan kawasan wisata tergolong dalam kategori tinggi sedangkan pada lokasi permukiman tergolong kategori sedang. Vegetasi yang ditemukan memiliki peran yang signifikan. Terdapat 3 tumbuhan sebagai tumbuhan inang, 16 tumbuhan sebagai tumbuhan pakan serta 2 tumbuhan sebagai tumbuhan pakan dan inang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Aisah, S.Si., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Goa Selarong; lepidoptera; point count; Rhopalocera
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Mar 2024 09:25
Last Modified: 21 Mar 2024 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64444

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum