PERANAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTsN LAB. UIN YOGYAKARTA

Mastafidah, NIM.: 06470031 (2010) PERANAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTsN LAB. UIN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTsN LAB. UIN YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERANAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTsN LAB. UIN YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa kurang berhasilnya hasil belajar siswa menunjukkan bahwa saat ini memang ada masalah dalam sistem pendidikan dan berakibat pada lulusan SMTA atau perguruan tinggi tidak siap memenuhi kebutuhan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pendidikan di MTsN Lab. UIN Yogyakarta; (2) Untuk mengetahui usaha manajmen pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Lab. UIN Yogyakarta; (3) Untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Lab. UIN Yogyakarta; Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di MTsN Lab. UIN Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersifat deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan manajemen yang dilakukan MTsN Lab.UIN Yogyakarta dalam meningkatkan mutu pendidikan di ditentukan oleh banyak faktor, antara lain: guru yang bermutu, kurikulum yang baik, sarana dan prasarana yang memadai, pengelolaan pendidikan yang efisien dan efektif, dan didukung dengan dana operasional yang cukup. Kesemua faktor itu penting dan saling berkaitan. (2) Usaha MTsN Lab.UIN Yogyakarta dalam meningkatkan mutu pendidikan diawali dengan melaksanakan tugas dan tanggung jawab masing-masing komponen madrasah yang meliputi: Peningkatan mutu dari segi kepala sekolah, Peningkatan mutu dari segi kurikulum, Peningkatan mutu (proses belajar mengajar) dari segi guru, Peningkatan mutu dari segi sarana prasarana, Peningkatan mutu dari komite madrasah, dan peningkatan kedisiplinan seluruh anggota madrasah. (3) Faktor pendukung yang dapat membantu dalam pencapaian tujuan pendidikan antara lain adanya guru professional, lingkungan sekolah yang nyaman, koordinasi yang baik antara kepala sekolah, guru, orang tua siswa, dan peserta didik, adanya semangat dari lingkungan madrasah, dan sarana prasarana yang sekarang mulai diperhatikan oleh pemerintah, Faktor penghambat yang merupakan tantangan yang harus dihadapi madrasah yaitu: Minimnya sumber pendanaan yang dimiliki Madrasah, kurangnya sarana perpustakaan, tugas ganda yang diberikan kepada guru sehingga membuat kegiatan belajar mengajar kurang optimal, kurangnya dukungan dari orang tua dalam membimbing dan memotifasi siswa di rumah, makin maraknya acara televisi yang membuat siswa enggan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M Jamroh Latief, M.SI.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan, Mutu Pendidikan, Kependiidkan Islam
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Mar 2024 11:03
Last Modified: 21 Mar 2024 11:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64453

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum