STUDI ANALISIS TEXTBOOK “AYO BELAJAR IMLAK” KARYA TA’MIRUL MASAJID, M.PD. (KAJIAN METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)

Shofaul Asror, NIM.: 06420049 (2010) STUDI ANALISIS TEXTBOOK “AYO BELAJAR IMLAK” KARYA TA’MIRUL MASAJID, M.PD. (KAJIAN METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI ANALISIS TEXTBOOK “AYO BELAJAR IMLAK” KARYA TA’MIRUL MASAJID, M.PD. (KAJIAN METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STUDI ANALISIS TEXTBOOK “AYO BELAJAR IMLAK” KARYA TA’MIRUL MASAJID, M.PD. (KAJIAN METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan suatu buku memberikan pemahaman kepada murid, tidak lain dikarenakan metode yang digunakan sesuai dengan kondisi murid. Terutama dalam pengajaran bahasa, sukses dan tidaknya buku sering dinilai dari segi metode yang digunakan, karena dengan metode yang tepatlah tujuan yang diharapkan dari suatu buku dapat dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara metode pembelajaran imla pada buku Ayo Belajar Imlak karya Ta’mirul Masajid M.Pd. dengan prinsip metode pembelajaran imla yang ada. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku Ayo Belajar Imlak untuk diajarkan kepada pembelajar bahasa Arab tingkat pemula. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa Arab umumnya, dan kepada penyusun buku Ayo Belajar Imlak khususnya. Terdapat banyak buku yang menerangkan tentang metode pembelajaran bahasa Arab, khususnya pembelajaran imla, namun karena keterbatasan kemampuan peneliti, fokus penelitian ini adalah berdasarkan metode pengajaran imla yang ditulis oleh Prof. Dr. Mahmud Yunus dalam bukunya, Metodik Khusus Bahasa Arab dan buku Pengajaran Bahasa Asing yang ditulis oleh Dr. Muljanto Sumardi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang berupa penelitian literatur atau biasa disebut dengan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode telaah dokumen untuk pengumpulan bahan, sedangkan analisis datanya berupa content analysis. Tehnik analisis data dilakukan dengan menyesuaikan antara metode pembelajaran imla yang ada dengan metode pembelajaran imla yang ada pada objek sasaran yang diteliti, dan juga menganalisis penggunaan seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi materi objek sasaran. Hasil dari penelitian menunjukkan pada bab VI dan bab VII objek sasaran terdapat ketidak sesuaian dengan prinsip pembelajaran imla yang ditulis oleh Prof. Dr. Mahmud Yunus. Pada prinsip pembelajaran imla ditanamkan pemahaman murid terhadap arti materi yang disampaikan, namun pada buku Ayo Belajar Imlak pemahaman arti kurang diterapkan. Hal ini tampak dari hasil analisis penerapan seleksi yang menunjukkan 35 % mufrodât hanya satu kali diajarkan oleh guru, dan gradasi yang menunjukkan adanya 12 mufrodât yang menggunakan makna abstrak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Asrori Sa’ud, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Buku, “Ayo Belajar Imlak”
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Mar 2024 11:17
Last Modified: 21 Mar 2024 11:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64456

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum