PELAPORAN KEUANGAN DESA PLAJAN DALAM MEMENUHI UNDANG-UNDANG DESA (STUDI KASUS DESA PLAJAN KECAMATAN PAKIS AJI KABUPATEN JEPARA)

Nur Rokhim, NIM.: 17103080087 (2024) PELAPORAN KEUANGAN DESA PLAJAN DALAM MEMENUHI UNDANG-UNDANG DESA (STUDI KASUS DESA PLAJAN KECAMATAN PAKIS AJI KABUPATEN JEPARA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAPORAN KEUANGAN DESA PLAJAN DALAM MEMENUHI UNDANG-UNDANG DESA (STUDI KASUS DESA PLAJAN KECAMATAN PAKIS AJI KABUPATEN JEPARA))
17103080087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELAPORAN KEUANGAN DESA PLAJAN DALAM MEMENUHI UNDANG-UNDANG DESA (STUDI KASUS DESA PLAJAN KECAMATAN PAKIS AJI KABUPATEN JEPARA))
17103080087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam era otonomi daerah, Dana Desa telah menjadi salah satu instrumen terpenting dalam pengembangan wilayah pedesaan di Indonesia. Namun, seiring dengan peningkatan alokasi Dana Desa, tumbuh pula kekhawatiran terkait penyalahgunaan Dana Desa ditambah dengan tingginya kasus korupsi yang semakin merajalela. Banyak faktor yang mempengaruhinya antara lain karena kurangnya transparansi, partisipasi masyarakat, tata kelola yang baik, dan pengawasan yang efektif. Selain itu, ditemukan pula beberapa kendala yang menghambat pemenuhan tanggung jawab hukum, seperti minimnya pemahaman tentang regulasi, ketidakseimbangan informasi, serta kurangnya sumber daya manusia yang terampil dalam pengelolaan Dana Desa. Dari masalah tersebut maka penulis ingin mengetahui lebih dalam terkait pelaporan keuangan Desa Plajan dalam memenuhi Undang-Undang Desa serta bagaimana jika ditinjau dari Maslahah Mursalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan yuridis empiris. Metode analisis data yang diterapkan adalah deskriptif analitik, yang bertujuan untuk memberikan gambaran terperinci mengenai hasil penelitian data. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai tambahan data untuk memperkaya analisis. Teori yang menjadi landasan untuk menguraikan permasalahan adalah Undang-Undang Desa dan teori maslahah Mursalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan dana desa Plajan belum berjalan secara maksimal dan efektif. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa terdapat beberapa permasalahan dalam pengelolaan dana desa, terutama pada tahap perencanaannya. Permasalahan ini disebabkan oleh kinerja Pemerintah Desa Plajan yang kurang optimal dan tingkat partisipasi masyarakat yang rendah. Meskipun beberapa prinsip sudah terlaksana, namun permasalahan muncul pada aspek partisipasi masyarakat yang kurang aktif dalam mengawal proses perencanaan dana desa dari awal hingga akhir. Hal ini menyebabkan kurangnya koordinasi antara pemerintah desa, sektor swasta, dan masyarakat dalam mengelola dana desa. Sebagai hasilnya, pengelolaan dana desa belum dimanfaatkan seacara penuh dan perlu diperbaiki lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: A Hashfi Luthfi, M.H.
Uncontrolled Keywords: Dana Desa; Pemerintah Desa; Undang-Undang Desa; Maslahah Mursalah
Subjects: Ekonomi Syariah
Pemerintahan Desa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Mar 2024 13:31
Last Modified: 21 Mar 2024 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64460

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum