PERAN PARTAI POLITIK DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK WARGA NEGARA (Studi DPW Partai Amanat Nasional DIY)

M. Syihab Abunizar DM, NIM.: 19103040102 (2023) PERAN PARTAI POLITIK DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK WARGA NEGARA (Studi DPW Partai Amanat Nasional DIY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PARTAI POLITIK DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK WARGA NEGARA (Studi DPW Partai Amanat Nasional DIY))
19103040102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN PARTAI POLITIK DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK WARGA NEGARA (Studi DPW Partai Amanat Nasional DIY))
19103040102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Partai politik sebagai salah satu organisasi yang dibentuk oleh sekelompok warga negara, memiliki peran dan fungsi yang fundamental yakni menampung aspirasi warga negara untuk diperjuangkan dan disuarakan dengan tujuan dapat dirumuskan menjadi kebijakan yang berorientasi pada kepentingan rakyat. Atas dasar aspirasi harus dapat terpenuhi melalui partai politik, pendidikan politik menjadi kewajiban bagi partai untuk melaksanakannya dengan tujuan agar partisipasi politik warga negara dapat dijalankan. Tugas partai politik untuk melaksanakan pendidikan politik diatur didalam undang-undang Nomor 2 tahun 2011 tentang perubahan atas undang-undang Nomor 2 tahun 2008 tentang partai politik sehingga pendidikan politik menjadi kewajiban dari partai politik dengan tujuan partisipasi politik warga negara dapat ditingkatkan. Partisipasi politik warga negara untuk terlibat dalam kegiatan politik harus terus ditingkatkan melalui partai politik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan terjun langsung ke lapangan yang bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi data. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah Dewan Pimpinan Wilayah PAN DIY dengan melakukan wawancara langsung pada ketua DPW. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam upaya meningkatkan partisipasi politik warga negara, DPW PAN DIY melaksanakan Pendidikan politik sebagai bagian dari strategi partai politik untuk meningkatkan partisipasi politik warga negara. Sasaran dari pendidikan politik yang dilakukan oleh partai ialah kader partai dan masyarakat umum. Pendidikan politik oleh DPW PAN DIY dilaksanakan dengan menggunakan beberapa bentuk pendidikan politik seperti Latihan kader amanat dasar, pelatihan TOT saksi DPD se-DIY, debat competition mahasiswa, kampanye politik, serta sosialisasi pemilu. Tujuan dari dilaksanakannya pendidikan politik ini adalah agar kader partai agar memiliki kompetensi dalam menjalankan kerja-kerja politik serta pada masyarakat dimaksudkan agar masyarakat melek terhadap politik dan meningkatnya partisipasi politik warga negara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr.Hj. Siti Fatimah, S.H.,M.Hum.
Uncontrolled Keywords: political party; political education; political participation
Subjects: Ilmu Hukum
Partai Politik
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Mar 2024 14:03
Last Modified: 21 Mar 2024 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64469

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum