ANALISIS YURIDIS PENERIMAAN RETRIBUSI PARKIR DI TEPI JALAN UMUM DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020-2022

Novan Wijaya, NIM.: 20103040029 (2024) ANALISIS YURIDIS PENERIMAAN RETRIBUSI PARKIR DI TEPI JALAN UMUM DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020-2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS YURIDIS PENERIMAAN RETRIBUSI PARKIR DI TEPI JALAN UMUM DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020-2022)
20103040029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS YURIDIS PENERIMAAN RETRIBUSI PARKIR DI TEPI JALAN UMUM DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020-2022)
20103040029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam suatu pemerintahan daerah, sumber penerimaan daerah terbesar yang terdapat dalam suatu wilayahnya sendiri adalah Pendapatan Asli Daerah (PAD). PAD menjadi tolak ukur dalam mengukur kemandirian daerah itu sendiri. Dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retsibusi Daerah dijelaskan bahwa pajak daerah dan retribusi daerah merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang penting guna membiayai pelaksanaan pemerintahan daerah. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai kepatuhan hukum terhadap pengelolaan retribusi parkir di tepi jalan umum dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Yogyakarta yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dan kendala yang dihadapi Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dalam penarikan retribusi parkir di tepi jalan umum. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yaitu dengan cara melakukan observasi secara langsung melalui Kepala Seksi Pembinaan dan Pengawasan Parkir Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah yuridis empiris. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis yaitu dengan pengumpulan data yang diambil dari Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta yang kemudian diolah untuk mengetahui gambaran tentang kepatuhan hukum terhadap retribusi parkir di tepi jalan umum dan kendala yang dihadapi Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta. Kerangka teoretik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tujuan hukum Gustav Radbruch dan teori sistem hukum Lawrence M. Friedman. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, studi literatur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kepatuhan hukum yang dilakukan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, sudah meninjau mengenai aturan dan tarif retribusi yang dinilai adil dan tidak ada diskriminasi di masyarakat, penerimaan retribusi parkir menyumbang PAD yang dibuktikan dengan adanya pembangunan di Kota Yogyakarta, dan adanya kepastian hukum mengenai peraturan yang membahas tentang parkir di tepi jalan umum. Adapun dalam penarikan retribusi parkir, tidak jarang ditemui kendala yang dihadapi Dinas Perhubungan. Kendala yang dimaksud yaitu masih banyak ketidakpatuhan antara juru parkir dan pengguna jasa parkir terkait peraturan tentang perparkiran dan dilakukan secara berulang-ulang yang mengakibatkan pelanggaran tersebut menjadi hal yang wajar untuk dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Iswantoro, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: retribusi daerah; parkir tepi jalan umum; Pendapatan Asli Daerah
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Mar 2024 14:36
Last Modified: 21 Mar 2024 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64475

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum