IMPLEMENTASI PELAKSANAAN DAKWAH PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI ORGANISASI DAKWAH REAL MASJID SLEMAN, YOGYAKARTA

Vheroni Sholeha, NIM.: 17102040029 (2024) IMPLEMENTASI PELAKSANAAN DAKWAH PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI ORGANISASI DAKWAH REAL MASJID SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PELAKSANAAN DAKWAH PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI ORGANISASI DAKWAH REAL MASJID SLEMAN, YOGYAKARTA)
17102040029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PELAKSANAAN DAKWAH PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI ORGANISASI DAKWAH REAL MASJID SLEMAN, YOGYAKARTA)
17102040029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dakwah di era modern ini tidak dapat dipisahkan dari kelompok atau komunitas. Komunitas memiliki kesatuan serta visi-misi yang sama sehingga dapat menguatkan suatu kelompok dakwah dalam menyebarluaskan pesan-pesan dakwahnya. Dakwah dengan komunitas dapat mempermudah para pendakwah dalam menjangkau audiens dakwah yang lebih banyak dan luas. Tren perkembangan komunitas dakwah saat ini terus berkembang seiring dengan tren gerakan hijrah yang banyak terjadi di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan implementasi pelaksanaan dakwah era pandemi Covid-19 di Organisasi Dakwah Real Masjid Sleman, Yogyakarta tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data reduction, display data dan conclusion drawing and verification. Adapun teknik pengecekan keabsahan data yaitu triangulasi sumber, tehnik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Real Masjid memiliki berbagai program-program dakwah dengan jenis, sasaran, serta tujuan yang jelas dan direncanakan dengan baik sehingga tujuan dakwah dapat tercapai meliputi Gusbaha, Pasaraya, Stardaynet, Bening, Turnamen Pingpong, dan Real Holiday. Sasaran pelaksanaan dakwah Real Masjid adalah seluruh bagian dari masyarakat, dimulai dari anak-anak. pemuda dan pemudi, ibu-ibu, hingga bapak-bapak. Hal ini juga terlihat dari program yang telah dibahas sebelumnya dimana program Real Masjid diperuntukkan tidak hanya bagi pemuda, tapi bagi seluruh kalangan. Selama pandemi Covid-19, kegiatan dakwah dilakukan dengan cara live streaming secara online menghindari kerumunan. Adapun tujuan dari pelaksanaan dakwah yaitu memberikan inspirasi, mendekatkan masyarakat dengan masjid, serta memberikan pembinaan. Selain itu, Real Masjid juga berupaya menerapkan protokol kesehatan apabila harus berkumpul seperti pada kegiatan Pasaraya. Pelaksanaan dakwah juga memanfaatkan berbagai media sosial berupa Instagram, Youtube, dan Tiktok. Pelaksanaan dakwah pada era pandemi covid-19 didukung oleh pemerintah, masjid sekitar, serta masyarakat. Namun, dalam pelaksanaannya juga mengalami hambatan yaitu terbatasnya aktivitas yang dapat dilakukan, sementara itu tujuan besar Real Masjid adalah untuk mensyiarkan Islam seluasluasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Rasyid Ridla, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Dakwah, Pandemi Covid-19, Organisasi Real Masjid Sleman
Subjects: Manajemen Dakwah
Covid-19
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Mar 2024 13:44
Last Modified: 25 Mar 2024 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64476

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum