MENUMBUHKAN MINAT KEWIRAUSAHAAN MELALUI PEMBINAAN USAHA SABLON (STUDI KASUS PADA ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN AL-MUSLIMUN TIMOR MAKASSAR)

Pangeran Faizal Tabarani, NIM.: 17102050042 (2024) MENUMBUHKAN MINAT KEWIRAUSAHAAN MELALUI PEMBINAAN USAHA SABLON (STUDI KASUS PADA ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN AL-MUSLIMUN TIMOR MAKASSAR). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENUMBUHKAN MINAT KEWIRAUSAHAAN MELALUI PEMBINAAN USAHA SABLON (STUDI KASUS PADA ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN AL-MUSLIMUN TIMOR MAKASSAR))
17102050042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MENUMBUHKAN MINAT KEWIRAUSAHAAN MELALUI PEMBINAAN USAHA SABLON (STUDI KASUS PADA ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN AL-MUSLIMUN TIMOR MAKASSAR))
17102050042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Panti Asuhan Al-Muslimun Timor Makassar merupakan salah satu Lembaga yang menerima dan menampung anak-anak kurang mampu di Kota Makassar. Sebagai Lembaga sosial, panti asuhan berupaya memenuhi kebutuhan hidup dari anak-anak yatim piatu. Berdasarkan fungsi dan tujuan panti asuhan, anak-anak di panti pada umumnya mempunyai hak yang sama, dalam hal ini di bidang Pendidikan. Pendidikan yang dimaksud ialah Pembinaan Kewirausahaan yang dimana sebagai salah satu solusi menumbuhkembangkan ilmu di bidang usaha sablon yang dilakukan pembinaan sejak dini di Panti Asuhan ini. Dengan adanya permasalahan untuk menumbuhkannya minat kewirausahaan pada anak di panti asuhan, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai bagaimana proses menumbuhkan minat kewirausahaan di Panti Asuhan Al-Muslimun Timor Makassar dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan minat kewirausahaan di Panti Asuhan Al-Muslimun Timor Makassar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana menumbuhkan minat kewirausahaan di Panti Asuhan Al-Muslimun Timor Makassar dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan minat kewirausahaan.di Panti Asuhan Al-Muslimun Timor Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah Pembina, anak asuh di Panti Asuhan Al-Muslimun Timor Makassar, alumni anak asuh, dan relasi dari usaha sablon Pembina. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dalam menumbuhkan minat kewirausahaan pada anak asuh di Panti Asuhan Al-Muslimun Timor Makassar Pembina membuat program kewirausahaan melalui pembinaan usaha sablon. Dengan adanya kegiatan pembinaan usaha sablon ini dapat menumbuhkan minat para anak asuh yang terlibat dengan kegiatan dan proses penyablonan yang dijalankan bersama Pembina. Kegiatan yang dijalankan anak asuh bersama pembina, yakni kegiatan Pendidikan dan pengetahuan, Mentor atau Inspirasi, Eksplorasi Ide, Keterlibatan dalam Komunitas Kewirausahaan, Peka pada Peluang Bisnis, Mulai dengan Langkah Kecil, dan Optimis dan Pantang Menyerah. Dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan ini pun terdapat hambatannya, diantaranya keterbatasan modal dalam usaha sablon dan kesulitan anak asuh dalam membagi waktu untuk mengikuti kegiatan pembinaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Noorkamilah, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Anak Asuh, Panti Asuhan, Kewirausahaan, Pembinaan, Usaha Sablon
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Wirausaha
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Mar 2024 13:46
Last Modified: 25 Mar 2024 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64477

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum