PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH AL – KALAM BERBASIS APLIKASI “NATIVE SPEAKER” di IAIN CURUP

Zulfadli Al Azimi, NIM.: 21204022006 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH AL – KALAM BERBASIS APLIKASI “NATIVE SPEAKER” di IAIN CURUP. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH AL – KALAM BERBASIS APLIKASI “NATIVE SPEAKER” di IAIN CURUP)
21204022006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH AL – KALAM BERBASIS APLIKASI “NATIVE SPEAKER” di IAIN CURUP)
21204022006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berbasis aplikasi “native speaker” pada mahasiswa IAIN CURUP. (2) efektivitas pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berbasis aplikasi “Native Speaker” pada mahasiswa IAIN Curup. Penelitian ini termasuk kategori penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (analisis), Desain (rancangan), Development (mengembangkan), Implementation (penerapan), Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan yang dilakukan melalui 5 tahapan: Analysis, yaitu menganalisis kebutuhan mahasiswa, dimana mahasiswa memerlukan media pembelajaran untuk menunjang kelangsungan pembelajaran Bahasa Arab. Design, yaitu pembuatan rancangan produk media (storyboard), penyusunan materi, juga pengumpulan background, backsound, gambar, animasi, dan tombol navigasi. Development, yaitu tahap pengembangan produk media dimulai dari pembuatan produk, validasi oleh ahli media dan materi sehingga dinyatakan layak diuji cobakan. Implementation, yaitu implementasikan dengan subjek penelitian sebanyak 36 mahasiswa. Evaluation, yaitu perbandingan hasil pre-test dan post-test baik dari uji coba. (2) hasil pengembangan pada implementasi produk media ajar dinyatakan efektif melalui uji normalitas mendapatkan hasil sig 0,30,homogenitas mendapatkan hasil sig 0,136, dan uji paired sampel T test dengan nilai awal 70,00 naik menjadi 78,90. Maka media ajar berbasis aplikasi “native speaker” mempunyai efektivitas yang cukup dalam meningkatkan keterampilan berbahasa mahasiwa pba IAIN Curup.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Zainal Arifin Ahmad , M.Ag.
Uncontrolled Keywords: media berbasis aplikasi; media pembelajaran; aspek maharah al-kalam; dialek
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Mar 2024 09:45
Last Modified: 25 Mar 2024 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64497

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum