PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH

Yoga Catur Prasetiyo, NIM.: 21204082027 (2023) PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH)
21204082027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH)
21204082027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41MB) | Request a copy

Abstract

Campur tangan teknologi telah merambah ke dunia pendidikan di mana berbagai aktivitas bersanding dengan teknologi informasi tidak hanya pada proses pembelajaran namun juga pada evaluasi pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berbasis teknologi digital yakni Virtual Laboratory yang diharapkan mampu meningkatkan literasi sains dan minat belajar peserta didik kelas 4 sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah. Produk diuji kelayakannya oleh ahli media, materi, dan bahasa. Subjek uji coba melibatkan delapan sekolah di wilayah DIY dan Jawa Tengah. Pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Uji hipotesis menggunakan uji-t dan N-Gain. Uji efektivitas produk dilaksanakan di MI Muhammadiyah Karanganyar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Produk berhasil dikembangkan dengan mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall berupa aplikasi virtual laboratory yang digunakan pada komputer/laptop dengan format “.exe”. Virtual laboratory dikembangkan dengan memanfaatkan aplikasi Construct 2 dan memuat praktikum dari lima materi tentang gaya, yaitu gaya otot, gesek, magnet, pegas, dan gravitasi. Praktikum yang disajikan menggunakan teknik pengoperasian sederhana seperti drag and drop (2) Virtual laboratory dinyatakan layak oleh para ahli dan memperoleh kategori nilai sangat baik. (3) Respon peserta didik dan guru terhadap virtual laboratory yang dihasilkan adalah positif dengan memperoleh penilaian sangat baik. (4) Virtual laboratory yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan literasi sains namun belum efektif dalam minat belajar peserta didik kelas 4 sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah dengan kategori sedang berdasarkan analisis uji-t dan N-Gain pada taraf signifikansi 0,05. Penggunaan virtual laboratory memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan literasi sains dan minat belajar peserta didik. Virtual laboratory menyajikan konsep-konsep ilmiah melalui pengalaman virtual, peserta didik dapat lebih mudah memahami materi sains dengan cara yang menarik dan interaktif. Hasilnya, tingkat literasi sains peserta didik meningkat secara substansial, sementara minat mereka terhadap pembelajaran sains pun semakin tumbuh.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing;Dr. Shaleh, S. Ag., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: ahli media; virtual laboratory; literasi sains; minat belajar
Subjects: Literasi Informasi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Mar 2024 09:59
Last Modified: 25 Mar 2024 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64498

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum