PERAN MADRASAH LITERASI DIGITAL KOMUNITAS AISNU JOGJA DALAM MEMBENTUK KECAKAPAN LITERASI DIGITAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN AN-NUR NGRUKEM YOGYAKARTA

Ibnu Ubay Dillah, NIM.: 21204012048 (2024) PERAN MADRASAH LITERASI DIGITAL KOMUNITAS AISNU JOGJA DALAM MEMBENTUK KECAKAPAN LITERASI DIGITAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN AN-NUR NGRUKEM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN MADRASAH LITERASI DIGITAL KOMUNITAS AISNU JOGJA DALAM MEMBENTUK KECAKAPAN LITERASI DIGITAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN AN-NUR NGRUKEM YOGYAKARTA)
21204012048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN MADRASAH LITERASI DIGITAL KOMUNITAS AISNU JOGJA DALAM MEMBENTUK KECAKAPAN LITERASI DIGITAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN AN-NUR NGRUKEM YOGYAKARTA)
21204012048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Keadaan santri yang memiliki keterbatasan dalam mengakses perangkat digital di pesantren tentu menjadikan santri sulit memahami literasi digital. Pemerintah Indonesia melalui gerakan nasional literasi digitalnya yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI membawa Program literasi digital yang fokus pada empat pilar literasi digital yaitu : 1) Digital skills atau cakap bermedia digital; 2) Digital culture atau budaya bermedia digital; 3) Digital ethics atau etis bermedia digital; dan 4) Digital safety atau aman bermedia digital. Komunitas AISNU Jogja merupakan komunitas santri pegiat media sosial memiliki program madrasah literasi digital berupa kegiatan edukasi yang dilakukan kepada santri. Tujuan penelitian adalah menganalisis peran madrasah literasi digital, kendala madrasah literasi digital dan solusi madrasah literasi digital komunitas AISNU Jogja dalam membentuk kecakapan literasi digital santri di Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah dua pengelola dan 25 santri Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Yogyakarta serta tiga pengurus Komunitas Arus Informasi Santri Nusantara (AISNU) di tingkat nasional dan wilayah Jogja. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran madrasah literasi digital Komunitas AISNU Jogja dalam membentuk kecakapan literasi digital santri di Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Yogyakarta adalah memfasilitasi program pelatihan empat pilar literasi digital kepada santri sebagai bentuk kampanye santri cakap literasi digital. Dapat diketahui melalui isi materi menggunakan modul empat pilar literasi digital yang dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia; (2) Kendala internal ditemukan adanya materi modul yang tidak sesuai dengan kondisi santri dalam penyampaian materi dari modul empat pilar literasi digital Kominfo RI yakni pengetahuan dasar berinteraksi, partisipasi dan kolaborasi di ruang digital yang sesuai dengan kaidah etika digital dan peraturan yang berlaku; Distribusi dan partisipasi budaya di ruang digital; dan Memahami keamanan digital bagi anak. Kemudian kendala eksternal ditemukan adanya kebijakan komplek Nurul Huda 1 Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Yogyakarta yang membatasi santri dalam mengakses perangkat digital; (3) Solusi Madrasah Literasi Digital Komunitas AISNU Jogja terhadap beberapa materi indikator yang tidak sesuai dengan kondisi santri tidak disampaikan secara detail tetapi masih disampaikan secara definitif dan Komunitas AISNU Jogja merekomendasikan untuk diagendakannya kegiatan literasi digital santri di Komplek Nurul Huda 1 Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Yogyakarta di luar dari jadwal kegiatan belajar mengajar santri di Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Yogyakarta yang bersifat berkelanjutan. Dampak Madrasah literasi digital komunitas AISNU Jogja adalah menumbuhkan kesadaran santri akan era digitalisasi sehingga membentuk kecakapan literasi digital santri di Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Yogyakarta dengan baik dan tetap memerhatikan kekhasan santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dwi Ratnasari, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: AISNU Jogja; Literasi Digital; Santri
Subjects: Literasi Informasi
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Mar 2024 11:43
Last Modified: 25 Mar 2024 11:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64505

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum