ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN USHUL FIKIH BERORIENTASI KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PADA SANTRI KELAS 6 KMI DI PONDOK MODERN TAZAKKA BATANG

Ari Susanto, NIM.: 21204012009 (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN USHUL FIKIH BERORIENTASI KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PADA SANTRI KELAS 6 KMI DI PONDOK MODERN TAZAKKA BATANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN USHUL FIKIH BERORIENTASI KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PADA SANTRI KELAS 6 KMI DI PONDOK MODERN TAZAKKA BATANG)
21204012009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN USHUL FIKIH BERORIENTASI KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PADA SANTRI KELAS 6 KMI DI PONDOK MODERN TAZAKKA BATANG)
21204012009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Ushul Fikih di Pondok Modern Tazakka Batang yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) diyakini dapat mengasah kemampuan menganalisis, menilai/mengevaluasi, maupun mencipta pada peserta didik. Sehingga dapat membantu penetapan hukum syar'I yang semakin kompleks seiring perkembangan zaman. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran Ushul Fikih berorientasi pada Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada santri kelas 6 KMI di Pondok Modern Tazakka Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan psikologi dan pedagogis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan subyek penelitian yang terdiri dari beberapa santri kelas 6 KMI dan guru pengajar Ushul Fikih serta beberapa fungsionaris pada lembaga KMI. sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi dan member checking. Terakhir, peneliti menggunakan metode analisis yang dikemukakan oleh Milles, Huberman, & Saldańa, yang terdiri 1) kondensasi data, 2) tampilan data (data display), dan 3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Guru dan santri memahami pembelajaran berorientasi pada HOTS sebagai pendekatan dalam pembelajaran yang dapat melatih santri untuk dapat menganalisa, mengevaluasi dan mengkreasi. 2) Penyusunan kurikulum di Pondok Modern Tazakka Batang terdiri dari Pertama, Berkoordinasi dengan KMI Gontor. Kedua, mendiskusikan muatan Kurikulum bersama Majlis guru. Ketiga, pengesahan oleh Pimpinan. Keempat, Silabus disampaikan dalam agenda penataran guru. 3) Implementasi pembelajaran Ushul Fikih yang berorientasi pada HOTS di Pondok Modern Tazakka Batang bersifat Holistik dan integratif dan dilaksanakan dalam lingkup Intrakurikuler maupun Kokurikuler. Sedangkan Evaluasi Pembelajaran yang digunakan terdiri dari penilaian formatif di akhir pertemuan dan penilaan Sumatif melalui ujian lisan dan tulisan. 4) Kendala dan solusi dalam implementasi pembelajaran Ushul Fikih berorientasi pada HOTS di Pondok Modern Tazakka Batang terdiri dari beberapa faktor diantaranya adalah: 1) Kurangnya contoh kontekstual pada buku ajar. Solusinya adalah menyajikan tambahan contoh kontekstual pada pembelajaran. 2) Upaya kontekstualisasi yang belum dipahami oleh santri. Solusi menyikapinya adalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang lebih konkret dan nyata dengan kehidupan sehari-hari. 3) minimnya tenaga pengajar dan absensi guru utama. Solusinya adalah memberdayakan guru asisten atau pengganti. 4) Minimnya kosakata dalam bahasa arab yang dimiliki santri. Solusi menyikapinya adalah memberikan waktu tambahan pada setiap agenda bahasa di asrama.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: HOTS; Pondok Modern Tazakka Batang; santri; pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Mar 2024 08:46
Last Modified: 26 Mar 2024 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64510

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum