PENGEMBANGAN E-LKPD (LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK) BERBASIS LEARNING CYCLE 9E PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI SMA/MA

Vikra Shafwa Humaira Sinambela, NIM.: 19104060026 (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD (LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK) BERBASIS LEARNING CYCLE 9E PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-LKPD (LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK) BERBASIS LEARNING CYCLE 9E PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI SMA/MA)
19104060026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-LKPD (LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK) BERBASIS LEARNING CYCLE 9E PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI SMA/MA)
19104060026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Revolusi industri 4.0 memberikan dampak bagi dunia kini mengalami perubahan yang semakin cepat dan kompetitif. Perubahan teknologi yang cepat ini membutuhkan persiapan matang terutama dalam dunia pendidikan. Pembelajaran abad 21 harus dapat mempersiapkan generasi bangsa Indonesia untuk maju pada bidang teknologi informasi dan komunikasi. Sejalan dengan hal tersebut maka Kemendikbud merumuskan kurikulum 2013 sebagai upaya untuk menghadapi tantangan pembelajaran abad ke-21. Proses pembelajaran kurikulum 2013 menitikberatkan pada keaktifan peserta didik. Agar proses pembelajaran berjalan maksimal maka diperlukan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut yaitu menggunakan e-LKPD inovatif berbasis learning cycle 9E. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis learning cycle 9E pada materi asam basa dan menganalisis kualitas produk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analyze, design, develop, implementation dan evaluate, namun hanya sampai tahap develop. Produk yang dihasilkan divalidasi oleh dosen pembimbing, empat peer reviewer, satu dosen ahli materi dan satu dosen ahli media. Kualitas produk dinilai oleh lima guru kimia SMA/MA dan direspon oleh 10 peserta didik kelas XI MIPA MAN 2 Bantul yang telah mendapatkan materi asam basa. Penilaian kualitas produk dilakukan dengan metode expert judgement yaitu produk dinilaikan kepada ahli yang sesuai bidangnya. Penilaian kualitas produk dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk hasil penelitian ini web pembelajaran e-LKPD berisi materi asam basa, langkah-langkah kegiatan peserta didik, dan latihan soal yang disajikan sesuai dengan karakteristik model learning cycle 9E yaitu elicit, engage, explore, explain, echo, elaborate, evaluate, emendation dan e-search. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan presentase 79,2% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapatkan presentase 95,8% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian produk oleh guru kimia SMA/MA mendapatkan presentase 89,5% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan hasil respon peserta didik mendapatkan presentase 92,67% dengan kategori Sangat Baik (SB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, e-LKPD; Asam Basa; Learning Cycle
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Mar 2024 10:07
Last Modified: 26 Mar 2024 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64514

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum