METODE KOMUNIKASI BAHASA ISYARAT PADA ANAK DISABILITAS RUNGU BERBASIS MOBILE LEARNING DI SLB NEGERI KTM MOROWALI SULAWESI TENGAH

Sutriani, NIM.: 21204012042 (2024) METODE KOMUNIKASI BAHASA ISYARAT PADA ANAK DISABILITAS RUNGU BERBASIS MOBILE LEARNING DI SLB NEGERI KTM MOROWALI SULAWESI TENGAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE KOMUNIKASI BAHASA ISYARAT PADA ANAK DISABILITAS RUNGU BERBASIS MOBILE LEARNING DI SLB NEGERI KTM MOROWALI SULAWESI TENGAH)
21204012042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (METODE KOMUNIKASI BAHASA ISYARAT PADA ANAK DISABILITAS RUNGU BERBASIS MOBILE LEARNING DI SLB NEGERI KTM MOROWALI SULAWESI TENGAH)
21204012042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah terdapat dua anak disabilitas rungu pada SLB Negeri KTM Morowali teridentifikasi disabilitas rungu sangat berat (profound hearing loss), anak memiliki kesulitan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat, sehingga kurangnya perbendaharaan atau miskin kosakata. Sekolah ini hanya memiliki satu pendidik yang dapat berbahasa isyarat. Sebab itulah, pendidik menggunakan metode komunikasi bahasa isyarat pada anak disabilitas rungu berbasis mobile learning. Penelitian ini bertujuan menganalisis metode komunikasi bahasa isyarat pada anak disabilitas rungu, dampak penggunaan metode komunikasi bahasa isyarat dan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode komunikasi bahasa isyarat disabilitas rungu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga langkah yaitu mengolah dan mempersiapkan data untuk dianalisis, membaca keseluruhan data, menganalisis lebih detail dengan meng-coding data. Hasil penelitian menunjukkan metode komunikasi bahasa isyarat pada anak disabilitas rungu berbasis mobile learning di SLB Negeri KTM Morowali Sulawesi Tengah terdiri dari: metode komunikasi total menggunakan aplikasi text-to-gesture SIBI dan metode komunikasi total menggunakan aplikasi video pembelajaran. Dampak penggunaan metode komunikasi bahasa isyarat adalah meningkatkan motivasi anak disabilitas rungu dalam belajar, membangun kepercayaan diri anak dalam berkomunikasi bahasa isyarat, meningkatkan kemampuan pendidik dalam berkomunikasi bahasa isyarat, menumbuhkan kemandirian pada anak disabilitas rungu, menciptakan situasi pembelajaran yang aktif dan efektif. Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode komunikasi bahasa isyarat pada anak disabilitas rungu berbasis mobile learning di SLB Negeri KTM Morowali Sulawesi Tengah adalah, faktor pendukung: layanan pendidikan bagi anak disabilitas rungu, mengajarkan anak untuk mengoperasikan komputer, menjaga rukun hidup di sekolah. Faktor penghambat Faktor penghambat antara lain: metode komunikasi bahasa isyarat berbasis m-learning tidak dapat digunakan di luar lingkungan sekolah, aplikasi text-to-gesture SIBI memiliki kekurangan yaitu tidak menampilkan ekspresi pada wajah, manajemen ruang kelas belum kondusif, penyediakan bus sekolah disabilitas belum ada, hanya satu guru yang bisa komunikasi bahasa isyarat dan anak disabilitas rungu belum fasih bahasa isyarat, tidak ada guru pembimbing khusus (GPK).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dwi Ratnasari, M.Ag
Uncontrolled Keywords: sign language communication method; deaf disability; mobile learning
Subjects: Pendidikan Agama Islam
DISABILITAS
Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Mar 2024 13:46
Last Modified: 26 Mar 2024 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64522

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum