KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2023

Ihda Munaya Isma, NIM.: 19102040094 (2024) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2023)
19102040094_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2023)
19102040094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kualitas Pelayanan Publik di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta. Kualitas pelayanan publik merupakan salah satu faktor tertentu keberhasilan yang dapat mempengaruhi di BAZNAS Kota Yogyakarta. Pelayanan ini mempunyai sebuah visi menjadi pengelola zakat terbaik dan terpercaya di Yogyakarta dan memiliki misi untuk mengoptimalkan pendistribusian serta pendayagunaan zakat untuk pengentasan kemiskinan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan yang kemudian menghasilkan data deskriptif. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudia pada uji keabsahan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik BAZNAS Kota Yogyakarta ada 5 dimensi yang berupa: reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), emphaty (empati), tangible (bukti fisik). Beberapa dari dimensi tersebut mempunyai hambatan yang belum terlaksana diantaranya adalah reliability (kehandalan) yaitu kurangnya SDM dalam hal alat bantu pelayanan untuk mengoperasikan pelayanan publik di BAZNAS Kota Yogyakarta, responsiveness (daya tanggap) karena kurangnya SDM untuk bisa memaksimalkan pelayanan publik dengan cepat dan tepat, dan tangible (bukti fisik) yaitu kurang luasnya tempat pada bagian pelayanan publik khususnya. Pada faktor ini masalah kualitas Sumber Daya Manusia masih kurang karena terbatasnya tempat di BAZNAS Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munif Solikhan, MPA
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Amil Zakat, Baznas
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Mar 2024 13:49
Last Modified: 26 Mar 2024 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64525

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum