PROGRAM LAYANAN SUPPORTIF BAGI PASIEN KANKER DI YAYASAN KANKER INDONESIA CABANG KOORDINATOR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ninah Pujiyasa, NIM.: 19102050025 (2024) PROGRAM LAYANAN SUPPORTIF BAGI PASIEN KANKER DI YAYASAN KANKER INDONESIA CABANG KOORDINATOR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM LAYANAN SUPPORTIF BAGI PASIEN KANKER DI YAYASAN KANKER INDONESIA CABANG KOORDINATOR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
19102050025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM LAYANAN SUPPORTIF BAGI PASIEN KANKER DI YAYASAN KANKER INDONESIA CABANG KOORDINATOR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
19102050025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Program Layanan Supportif bagi Pasien Kanker di Yayasan Kanker Indonesia Cabang Koordinator Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini adalah orang yang didiagnosis kanker tidak hanya membutuhkan pelayanan pengobatan secara medis, mereka juga memiliki kebutuhan fisik, emosional, sosial, spiritual. banyaknya dampak psikososial yang dirasakan oleh penderita kanker, menjadikan perawatan suportif bagi pasien kanker sangat dibutuhkan. Melihat betapa pentingnya sebuah perawatan suportif bagi pasien kanker, serta beberapa hasil penelitian yang menyatakan bahwa kebutuhan perawatan suportif pada pasien kanker diarasa belum terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program layanan supportif yang diberikan oleh Yayasan Kanker Indonesia Cabang Koordinator Daerah Istimewa Yogyakarta serta apa yang menjadi faktor penghambat dalam pemberian pelayanan supportif. Subjek penelitian ini ialah ketua Yayasan, ketua relawan kanker serta dua pasien kanker yang berada di rumah singgah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk teknik validasi data yang digunakan adalah triangulasi data, yaitu teknik validasi dengan menggabungkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi . Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan program layanan supportif bagi pasien kanker mencakup empat (4) jenis pelayanan sosial yang telah dikemukakan oleh Edi Suharto yaitu: jaminan sosial berupa bantuan pembelian obat yang tidak ditanggung BPJS kesehatan dan bantuan uang transport dan makan, perumahan berupa pengadaan layanan rumah singgah, kesehatan berupa pembentukan paguyuban pasien dan mantan pasien kanker, outbond survivor kanker serta Indonesia Ostomy Association (InOA), dan pelayanan sosial personal bagi pasien kanker yang berkerjasama dengan paguyuban relawan kanker. Namun, terdapat juga faktor penghambat dalam pemberian pelayanan supportif, yaitu kurang aktifnya beberapa relawan kanker dan kurangnya distribusi informasi kepada relawan kanker.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr Asep Jahidin, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Program Layanan Supportif, Pasien Kanker, Pelayanan Sosial
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Mar 2024 13:57
Last Modified: 26 Mar 2024 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64527

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum