ZAKAT DAN KESEJAHTERAAN UMAT: STUDI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM EKONOMI PRODUKTIF DI LAZISNU DIY

Matsna Naqilal Khidhriyah, NIM.: 20102030013 (2024) ZAKAT DAN KESEJAHTERAAN UMAT: STUDI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM EKONOMI PRODUKTIF DI LAZISNU DIY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ZAKAT DAN KESEJAHTERAAN UMAT: STUDI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM EKONOMI PRODUKTIF DI LAZISNU DIY)
20102030013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ZAKAT DAN KESEJAHTERAAN UMAT: STUDI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM EKONOMI PRODUKTIF DI LAZISNU DIY)
20102030013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sistem pengelolaan dan penyaluran zakat di Indonesia terbagi dalam dua kategori, yaitu zakat konsumtif dan zakat produktif. Namun pola pentasyarufan zakat yang ada di masyarakat selama ini hanya bersifat konsumtif sehingga tidak berkelanjutan. Di Yogyakarta terdapat Lazisnu yang mengembangkan pentasyarufan zakat produktif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pentasyarufan zakat produktif dengan model pemberdayaan masyarakat melalui program ekonomi produktif di Lazisnu DIY dan melihat hasilnya bagi masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive yang didasarkan pada kriteria, teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Proses analisis dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pentasyarufan model program ekonomi produktif Lazisnu DIY dilakukan dengan lima tahap, yaitu persiapan (penentuan mustahik), assessment, perencanaan alternatif-pelaksanaan program (pendampingan dan pemberian kapasitas), evaluasi dan terminasi. Peran Lazisnu DIY adalah sebagai pendamping baik peran memfasilitasi, peran mengedukasi, peran representasi dan peran teknis. Hasil pentasyarufan model zakat produktif di Lazisnu DIY terbukti memberikan dampak positif, berupa hilangnya kondisi miskin para mustahik, munculnya semangat N-Achievement untuk terus bertransformasi dari mustahik menjadi muzakki, munculnya kepedulian sesama, dan terbentuknya jiwa spiritualitas dengan kebiasaan baru gemar bersedekah dan berzakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Lazisnu DIY, Tahap Pentasyarufan Masyarakat, Ekonomi Produktif
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Mar 2024 14:42
Last Modified: 26 Mar 2024 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64536

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum