IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA SMART NUMBER DRAWING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB BIM BIM CHA YOGYAKARTA

Ririn Duwila, NIM.: 22204031012 (2024) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA SMART NUMBER DRAWING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB BIM BIM CHA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA SMART NUMBER DRAWING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB BIM BIM CHA YOGYAKARTA)
22204031012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA SMART NUMBER DRAWING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB BIM BIM CHA YOGYAKARTA)
22204031012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan kognitif merupakan suatu kemampuan atau tingkah laku yang mengacu pada perubahan proses berpikir, perubahan yang terjadi dalam kehidupan anak, mulai dari konsepsi sampai anak berusia 0-6 tahun. Perkembangan kognitif akan berhasil jika guru dapat memberikan media yang tepat dan mudah dipahami serta menarik perhatian anak. Dan salah satu media yang dapat mengstimulus dan mendorong perkembangan kognitif adalah media smart number drawing. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengkaji tentang Implementasi Penggunaan Media Smart Number Drawing Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di KB Bim Bim Cha Yogyakarta dengan menggunakan 10 sampel anak di kelas Ababil. Penelitian ini, dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru-guru dan anak didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian ini, menjelaskan tentang perkembangan kognitif yang dilakukan menggunakan media smart number drawing, dengan lancar dari guru menggunakan prosedur terkait dengan tema yang diajarkan, namun peralatan yang digunakan saat proses pembelajaran yaitu, pensil dan krayon, dengan system pembelajarannya bersama-sama yang khususnya di kelas Ababil. Kemudian dengan proses penggunaan media smart number drawing mendesain media pembelajaran yang diajarkan kepada anak yang dapat dilihat pada kegiatan pembelajaran dengan media yang diberikan namun pada kegiatan yang dilengkapi dengan media smart number drawing sebagai kegiatan penutup untuk refleksi belajar pada anak. Penelitian ini telah mendapatkan peningkatan kemampuan kognitif di KB Bim Bim Cha Yogyakarta

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si
Uncontrolled Keywords: Smart Number Drawing Media; perkembangan kognitif; media pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Mar 2024 09:24
Last Modified: 27 Mar 2024 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64538

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum