LEVEL DAN MODEL BUDAYA ORGANISASI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI INSAN CENDEKIA LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2023

M. Hadyan Hafifi, NIM.: 20102040001 (2024) LEVEL DAN MODEL BUDAYA ORGANISASI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI INSAN CENDEKIA LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LEVEL DAN MODEL BUDAYA ORGANISASI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI INSAN CENDEKIA LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2023)
20102040001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (LEVEL DAN MODEL BUDAYA ORGANISASI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI INSAN CENDEKIA LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2023)
20102040001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Budaya Organisasi menjadi salah satu komponen dalam kesuksesan sebuah organisasi terutama lembaga pendidikan seperti MAN Insan Cendekia Lombok Timur. Kesuksesan MAN Insan Cendekia Lombok Timur sebagai salah satu sekolah berprestasi di Indonesia tentunya terdapat peran budaya organisasi didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level budaya organisasi berdasarkan teori Schein dan untuk menganalisis Model budaya organisasi MAN Insan Cendekia Lombok Timur dengan menggunakan Organizational Culture Assesment Instrument (OCAI). Metode penelitian yang digunakan adalah metode mixed methods atau penelitian kombinasi sederhana yaitu antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif yang berjenis Concurrent Embedded. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data penjodohan pola, pembuatan penjelasan dan deret waktu sedangkan analisis data kuantitatif menggunakan analisis OCAI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa level budaya organisasi MAN Insan Cendekia Lombok Timur sudah melingkupi keseluruhan aspek level budaya organisasi menurut teori Schein yang ditunjukkan dengan adanya budaya Local Wisdom, penerapan nilai-nilai dasar dalam setiap aspek kehidupan serta asumsi dasar yang dituangkan dalam bentuk visi madrasah. Sementara model budaya organisasi MAN Insan Cendekia Lombok Timur berdasarkan analisis Organizational Culture Assesment Instrument (OCAI) yang dirasakan saat ini yaitu model Clan dan Hierarchy Culture berdasarkan hasil temuan peneliti yang ditunjukkan dalam bentuk sekolah berbasis Boarding School dan berbagai program kegiatan yang terstruktur dan terkendali serta untuk model budaya yang diharapkan kedepannya adalah Clan Culture dengan mempertahankan nilai kekeluargaan dan saling peduli melalui kegiatan keagamaan seperti sholat berjamaah, kajian umum setiap malam Jum’at dan pelaksanaan kurban bersama setiap hari raya Idul Adha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Maryono, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Level Budaya, Model Budaya, Budaya Organisasi
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Mar 2024 09:42
Last Modified: 27 Mar 2024 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64542

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum