EVALUASI KEBIJAKAN PELAYANAN HAJI RAMAH LANJUT USIA (LANSIA) TAHUN 2023 DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Jihan Isyia Salsabila, NIM.: 20102040098 (2024) EVALUASI KEBIJAKAN PELAYANAN HAJI RAMAH LANJUT USIA (LANSIA) TAHUN 2023 DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI KEBIJAKAN PELAYANAN HAJI RAMAH LANJUT USIA (LANSIA) TAHUN 2023 DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
20102040098_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI KEBIJAKAN PELAYANAN HAJI RAMAH LANJUT USIA (LANSIA) TAHUN 2023 DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
20102040098_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Haji Ramah Lanjut Usia (lansia) merupakan sebuah kebijakan prioritas dalam skala nasional dan menjadi tema besar dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023 oleh Kementerian Agama. Sebagai sebuah kebijakan diperlukan adanya pengawan berupa evaluasi. Dengan adanya evaluasi maka akan terlihat jelas hasil dari kebijakan haji ramah lansia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk bentuk kebijakan dan evaluasi terhadap kebijakan haji ramah lansia di Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. Teori yang digunakan adalah teori evaluasi kebijakan dengan pendekatan evaluasi eputusan teoritis dengan teknik analisisi survei pemakai. Analisisi survei pemakai merupakan prosedur untuk mengumpulkan informasi evaluabilitas suatu kebijakan atau program dari pengguna dan pelaku kebijakan. Instrumen utama untuk melakukan evaluasi adalah wawancara formal dengan format pertanyaan terbuka. Tanggapan terhadap pertanyaan tersebut memberi informasi yang diperlukan untuk melengkapi data penelitian. Metode yang dipakai dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji Keabsahan data dengan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan pelayanan haji ramah lansia berjalan dengan baik dan tepat sasaran. Adapun terhadap kebijakan pendiadaan jemaah lansia belum sepenuhnya berjalan dengan baik dikarenakan rasio antara petugas haji dan jumlah jemaah lansia tidak sebanding. Terhadap dimensi pelayanan haji ramah lansia yang dihasilkan peneliti menghasilkan penilaian cukup memuaskan. Hal ini dilihat dari masih terdapat kekurangan pada terlaksana nya enam dimensi pelayanan haji ramah lansia. Adapun pelayanan yang kurang memuaskan dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk peningkatan pelayanan pada penyelenggaraan haji di tahun berikutnya. Adapun hasil evaluasi yang dihasilkan oleh Kanwil Kemenag tentang penyelenggaraan haji tahun 2023 menjadi rujukan untuk penetapan kebijakan untuk pelaksanaan haji di tahun 2024. Pertama, Istita’ah haji menjadi sesuatu yang ditekankan dan wajib menjadi persyaratan untuk pemberangkatan haji di tahun 2024. Kedua, makanan atau menu khusus lansia. Ketiga, penambahan petugas haji dengan syarat kompetensi yang mengerti dan memahami lansia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Rosyid Ridla. M.Si.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kebijakan, Haji Ramah Lansia, Layanan Haji
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Mar 2024 09:59
Last Modified: 27 Mar 2024 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64549

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum