PENGEMBANGAN MEDIA POSTER GEL ANTISEPTIK EKSTRAK DAUN KITOLOD (Isotoma longiflora L) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MATERI KOLOID

Hisyam Mashadi, NIM.: 20104060019 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POSTER GEL ANTISEPTIK EKSTRAK DAUN KITOLOD (Isotoma longiflora L) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MATERI KOLOID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA POSTER GEL ANTISEPTIK EKSTRAK DAUN KITOLOD (Isotoma longiflora L) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MATERI KOLOID)
20104060019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA POSTER GEL ANTISEPTIK EKSTRAK DAUN KITOLOD (Isotoma longiflora L) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MATERI KOLOID)
20104060019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alternatif sumber belajar dalam bentuk poster mengenai gel antiseptik ekstrak daun kitolod sebagai pelengkap dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini mengadopsi pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Data awal diperoleh melalui analisis ujung depan dan analisis siswa, yang menunjukkan bahwa siswa merasa bosan dengan pembelajaran kimia, terutama pada materi koloid, dan membutuhkan media yang menarik dan singkat. Tahap perancangan melibatkan penyusunan materi pembelajaran dan pemilihan media, dengan aplikasi Canva. Perancangan awal mencakup penentuan format dan instrumen yang akan digunakan, termasuk lembar angket untuk validasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi (guru). Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat valid dari segi isi, penyajian, dan bahasa, dengan presentase kevalidan sebesar 88,8%. Ahli materi memberikan validasi sebesar 87,5%, ahli media memberikan validasi sebesar 87,5%, dan ahli praktisi (guru) memberikan validasi sebesar 91,6%. Uji respons dilakukan pada siswa kelas XI, yang menunjukkan presentase kevalidan sebesar 89,6%. Analisis data menunjukkan bahwa media poster digital menggunakan Canva dinilai sangat menarik dan memudahkan siswa dalam memahami materi. Revisi dilakukan berdasarkan saran dari para ahli, seperti perbaikan gambar dan penggunaan font yang lebih besar. Dengan demikian, media pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai alternatif yang efektif dan menarik dalam proses pembelajaran kimia, terutama pada materi koloid. Melalui pendekatan 4D, pengembangan media ini mampu memberikan solusi bagi masalah kurangnya minat belajar siswa dan kesulitan guru dalam menyampaikan materi yang menarik. Media poster digital ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran kimia dan minat belajar siswa serta memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: gel antiseptik; daun kitolod; pembelajaran kimia; pengembangan media pembelajaran; poster digital
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Mar 2024 13:24
Last Modified: 27 Mar 2024 13:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64554

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum