DINAMIKA KEKUASAAN LEGISLASI PRESIDEN DALAM SISTEM PEMERINTAHAN PRESIDENSIL (STUDI PERBANDINGAN INDONESIA DAN AMERIKA SERIKAT)

Ahmad Ibrahim Suha, NIM.: 18103040118 (2024) DINAMIKA KEKUASAAN LEGISLASI PRESIDEN DALAM SISTEM PEMERINTAHAN PRESIDENSIL (STUDI PERBANDINGAN INDONESIA DAN AMERIKA SERIKAT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA KEKUASAAN LEGISLASI PRESIDEN DALAM SISTEM PEMERINTAHAN PRESIDENSIL (STUDI PERBANDINGAN INDONESIA DAN AMERIKA SERIKAT))
18103040118_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA KEKUASAAN LEGISLASI PRESIDEN DALAM SISTEM PEMERINTAHAN PRESIDENSIL (STUDI PERBANDINGAN INDONESIA DAN AMERIKA SERIKAT))
18103040118_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sistem pemerintahan presidensil, presiden dipilih langsung oleh rakyat, meningkatkan letigimasi presiden karena sesuai dengan prinsip demokrasi yang dianut oleh Indonesia. penelitian ini akan membahas dan menganalisis perbandingan kekuasaan legislatif presiden dalam sistem presidensil di Indonesia dan Amerika Serikat. Selain itu, penulis juga akan menganalisis tantangan yang dihadapi dalam menerapkan sistem presidensil di kedua negara. Penelitian ini merupakan studi hukum normatif atau disebut juga sebagai penelitian hukum doktrinal atau hukum kepustakaan. Sumber data melibatkan data sekunder seperti buku, jurnal, berita, dan dokumen terkait lainnya. Peneliti menerapkan pendekatan perbandingan (comparative approach), yang melibatkan perbandingan hukum antara satu negara dengan negara lainnya. Pendekatan ini digunakan untuk menganalisis perbedaan dan kesamaan dalam ketentuan hukum tertentu di kedua negara. Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD NRI Tahun 1945), disebutkan bahwa Indonesia merupakan Negara Kesatuan yang berbentuk Republik. Sebagai suatu Negara Republik, kekuasaan pemerintah di Indonesia dipimpin oleh seorang Presiden. Peraturan ini dijelaskan dalam Pasal 4 Ayat (1) UUD NRI Tahun 1945, yang menyatakan bahwa Presiden Republik Indonesia memegang kendali kekuasaan pemerintahan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Dasar. Di Amerika Serikat, terdapat dua jenis rancangan undang-undang, yakni yang diajukan oleh House of Representatives dengan sebutan HR (House Resolution) dan yang diajukan oleh Senate dengan sebutan SR (Senate Resolution). Di Indonesia, kekuasaan legislasi melibatkan Presiden dalam pembentukan undang-undang, dengan persetujuan bersama antara Presiden dan DPR. Di Amerika Serikat, kekuasaan legislasi sepenuhnya berada di tangan Kongres yang terdiri dari Senat dan House of Representative tanpa campur tangan Presiden.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Udiyo Basuki, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: presidensial; legislatif; kekuasaan legislasi
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Apr 2024 09:44
Last Modified: 03 Apr 2024 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64682

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum