KEPEMIMPINAN K.H. MOHAMMAD HASAN ABDEL BAR DI PONDOK ZAINUL HASANAIN DAN MASYARAKAT DI GENGGONG PAJARAKAN KABUPATEN PROBOLINGGO 1997-2020

Ahmad Fauzi, NIM.: 16120013 (2023) KEPEMIMPINAN K.H. MOHAMMAD HASAN ABDEL BAR DI PONDOK ZAINUL HASANAIN DAN MASYARAKAT DI GENGGONG PAJARAKAN KABUPATEN PROBOLINGGO 1997-2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEPEMIMPINAN K.H. MOHAMMAD HASAN ABDEL BAR DI PONDOK ZAINUL HASANAIN DAN MASYARAKAT DI GENGGONG PAJARAKAN KABUPATEN PROBOLINGGO 1997-2020)
16120013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEPEMIMPINAN K.H. MOHAMMAD HASAN ABDEL BAR DI PONDOK ZAINUL HASANAIN DAN MASYARAKAT DI GENGGONG PAJARAKAN KABUPATEN PROBOLINGGO 1997-2020)
16120013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy

Abstract

K.H Mohammad Hasan Abdel Bar merupakan seorang ulama besar dan Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, Probolinggo-Jawa Timur. Dalam perjalanan hidupnya ia berperan besar bagi perkembangan Pesantren Zainul Hasan Genggong. Pada tahun 1997 K.H Mohammad Hasan Abdel Bar mendirikan Pondok Zainul Hasanain, sebagai cabang dari Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong. Ia merupakan seorang Mursyid Thariqot Naqsabandiah Ali-Ba’alawi di Pesantren Zainul Hasan Genggong. Dalam penelitian ini, untuk memahami kepemimpinan K.H Mohammad Abdel Bar menggunakan teori kepemimpinan Max Weber. Kepemimpinan ini ada tiga macam, yakni: Kepemimpinan Kharismatik, Kepemimpinan Tradisional, dan Kepemimpinan Legal Rasional. Berdasarkan teori dan pendekatan yang dipakai, penulis menganalisis bagaimana kepemimpinan K.H Mohammad Hasan Abdel Bar dimulai dari perilaku hingga menetapkan kebijakan. Sehingga bisa diketahui bagaimana kepemimpinan K.H Mohammad Hasan Abdel Bar. Untuk memudahkan penelitian ini, peneliti memberikan batasan dan rumusan masalah. Tujuan adanya rumusan masalah agar penelitian tetap fokus pada kajian yang ingin dibahas. Adapun rumusan masalah penelitian ini, ialah 1. Bagaimana Kepemimpinan K.H Mohammad Hasan Abdel Bar di Pondok Zainul Hasanain Genggong? 2. Bagaimana Dampak dari Pola Kepemimpinan Kharismatik K.H. Mohammad Hasan Abdel Bar? Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa KH. Mohammad Hasan Abdel Bar mendirikan Pondok Zainul Hasanain Genggong berbasis salaf dengan penerapakan Bahasa Asing. Pola kepemimpina menurut Max Weber tersebut dapat ditelusuri pada sosok K.H. Mohammad Hasan Abdel Bar. Ia merupakan Mursyid Thareqat Naqsabandiyah wa ‘Ali Ba’alawi dan aktif berdakwah di masyarakat. Berkenaan dengan dampaknya KH. Mohammad Hasan Abdel Bar yaitu menjadi suri tauladan bagi santri dan masyarakat untuk mendapatkan petunjuk dan ketenangan hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Soraya Adnani, M.Si.
Uncontrolled Keywords: K.H Mohammad Hasan Abdel Bar, Kepemimpinan, Tradisional, Kharismatik
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Kepemimpinan Dalam Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Apr 2024 10:18
Last Modified: 03 Apr 2024 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64689

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum