PENGEMBANGAN E-PANDUAN PRAKTIKUM IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING KELAS IV SEKOLAH DASAR

Dewi Nurmalisa, NIM.: 20104080029 (2024) PENGEMBANGAN E-PANDUAN PRAKTIKUM IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-PANDUAN PRAKTIKUM IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING KELAS IV SEKOLAH DASAR)
20104080029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-PANDUAN PRAKTIKUM IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING KELAS IV SEKOLAH DASAR)
20104080029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, menganalisis data, dan memecahkan masalah secara ilmiah. Materi IPA berkaitan dengan pemahaman konsep sehingga perlu ada kegiatan mengkaji atau membuktikan tentang kebenaran. Kegiatan Praktikum efektif mempermudah pemahaman konsep IPA. E-Panduan praktikum dibutuhkan untuk keselamatan dan kelancaran pelaksanaan praktikum. Maka penting panduan praktikum yang mampu memecahkan masalah secara ilmiah. Penelitian ini bertujuan memperoleh produk E-Panduan praktikum berbasis PBL yang layak digunakan menurut para ahli, mengetahui respon calon pengguna terhadap produk E-Panduan Praktikum IPA Berbasis PBL dan mengetahui karakteristik produk E-Panduan Praktikum IPA Berbasis PBL. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model 4D (define, desaign, develop, dan disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan 1974. Instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan angket. Angket yang digunakan adalah angket validator praktisi dan calon pengguna. Adapun data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis menggunakan pedoman skala lima dan kriteria kelayakan yang dikembangkan oleh BSNP. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Pakel yang berjumlah 28 orang. Hasil Penilaian produk E-Panduan Praktikum IPA Berbasis PBL memperoleh nilai A dengan kategori “sangat baik”dari penilaian media dan bahasa. Pada penilaian materi memperoleh kategori “baik”. Serta mendapatkan nilai dari Guru mata pelajaran IPAS sebesar 109 yang bernilai A dengan kategori “Sangat Baik”. Uji keterbacaan produk oleh peserta didik memperoleh skor 82% dengan yang dikategorikan positif. Berdasarkan hasil validasi ketiga dosen ahli, penilaian praktisi, dan respon peserta didik, produk E-Panduan Praktikum IPA Berbasis PBL yang dikembangkan layak untuk digunakan. Produk yang dikembangkan memiliki karakteristik seperti: Memuat 5 sintaks PBL, cerita berbasis masalah dalam kehidupan sehari-hari, menggunakan alat dan bahan yang mudah ditemukan, terdapat buku panduan guru mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fitri Yuliawati, S.Pd.Si., M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Praktikum IPA; Problem Based Learning; e-panduan
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Apr 2024 13:19
Last Modified: 03 Apr 2024 13:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64707

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum