WACANA MARJINALISASI KELOMPOK DALAM PEMBERITAAN PRAKTIK SALAT IDULFITRI DI PONDOK PESANTREN AL-ZAYTUN DI REPUBLIKA.CO.ID

Mumtaz Syaefulloh, NIM: 19102010065 (2024) WACANA MARJINALISASI KELOMPOK DALAM PEMBERITAAN PRAKTIK SALAT IDULFITRI DI PONDOK PESANTREN AL-ZAYTUN DI REPUBLIKA.CO.ID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (WACANA MARJINALISASI KELOMPOK DALAM PEMBERITAAN PRAKTIK SALAT IDULFITRI DI PONDOK PESANTREN AL-ZAYTUN DI REPUBLIKA.CO.ID)
19102010065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (WACANA MARJINALISASI KELOMPOK DALAM PEMBERITAAN PRAKTIK SALAT IDULFITRI DI PONDOK PESANTREN AL-ZAYTUN DI REPUBLIKA.CO.ID)
19102010065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pemberitaan terhadap kelompok pemahaman agama yang berbeda seringkali tidak disajikan dengan kacamata keberagaman, melainkan dipandang sebagai ancaman. Sebagai contohnya, peristiwa salat Idulfitri di pondok pesantren Al-Zaytun yang sempat menjadi perbincangan publik. Peristiwa tersebut banyak diberitakan oleh media massa di Indonesia. Salah satu media yang santer memberitakan peristiwa tersebut adalah Republika.co.id. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana upaya marjinalisasi dalam pemberitaan praktik salat Idulfitri di pondok pesantren Al-Zaytun pada Republika.co.id. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis wacana kritis model Sara Mills serta menggunakan teori marjinalisasi yang dituliskan Eriyanto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Republika.co.id melakukan marjinalisasi kepada pondok pesantren Al-Zaytun melalui penempatan aktor dalam teks berita dengan pihak yang kontra dengan pondok pesantren Al-Zaytun ditempatkan sebagai subjek, sedangkan pondok pesantren Al-Zaytun diposisikan sebagai objek. Serta menggunakan praktik bahasa marjinalisasi eufimisme, disfemisme, labelisasi, dan stereotipe dalam pemberitaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Irawan Wibisono, M.I.Kom.
Uncontrolled Keywords: marginalization; critical discourse analysis; Eid al-Fitr prayer; Al-Zaytun Islamic Boarding School
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Apr 2024 08:47
Last Modified: 04 Apr 2024 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64719

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum