IMPLEMENTASI PELAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL PADA ANAK DI PESANTREN GRATIS KLATEN

Adityas Prima Ardana, NIM.: 19102050024 (2024) IMPLEMENTASI PELAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL PADA ANAK DI PESANTREN GRATIS KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PELAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL PADA ANAK DI PESANTREN GRATIS KLATEN)
19102050024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PELAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL PADA ANAK DI PESANTREN GRATIS KLATEN)
19102050024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya dalam memberikan pelayanan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyatnya yang berhak. Termasuk di antaranya adalah kalangan anak-anak yang kemudian digolongkan sebagai pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial. Dalam memberikan layanannya, pemerintah Indonesia menyadari akan kekurangannya yang kemudian hasilnya ternilai kurang maksimal. Oleh karenanya, Pemerintah Indonesia kemudian membuka peluang bagi segala pihak untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan layanan-layanan yang mengarah pada kesejahteraan sosial anak di Indonesia. Hal ini kemudian berdampak pada munculnya motivasi berbagai pihak dan kalangan untuk ikut terlibat dalam membantu persoalan ini. Salah satu pihak yang terlibat adalah sebuah lembaga pendidikan berbasis pesantren di daerah Klaten. Pesantren tersebut bernama Pesantren Gratis Klaten. Lembaga tersebut dianulir telah ikut berpartisipasi dalam memberikan pelayanannya yang mengarah pada bentuk pelayanan sosial atau praktik kesejahteraan sosial terhadap anak, terutama dalam memberikan pendidikan secara gratis. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui berbagai praktik pelayanan kesejahteraan sosial yang telah diimplementasikan oleh Pesantren Gratis Klaten terhadap anak-anak didiknya. Pada penelitian ini juga menyertakan mengenai beberapa faktor pendukung dan penghambat yang berkaitan pada pengimplementasian layanan yang diberikan oleh lembaga. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus atau berbasis pada penelitian lapangan. Adapun teknik dalam pengumpulan data adalah mengunakan teknik wawancara, pengamatan atau observasi, dan berupa dokumentasi. Teknik yang digunakan pada analisis data adalah model Miles dan Huberman yang mencakup pada reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh melalui penelitian menunjukkan Pesantren Gratis Klaten sebagai lembaga pendidikan berbasis keislaman, telah mengimplementasikan pelayanan kesejahteraan sosial kepada anak didiknya melalui beberapa kegiatan dan program lembaga. Pelayanan kesejahteraan sosial yang diimplementasikan adalah mencakup pada empat bentuk layanan utama, yaitu penerapan sistem pengasuhan, pemenuhan hak dasar anak, pemberian layanan pendidikan secara gratis, dan pemberian dukungan dalam relasi anak dan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Zainudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: child social welfare; social services; Islamic Boarding School
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Apr 2024 10:52
Last Modified: 04 Apr 2024 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64721

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum