RESILIENSI PEREMPUAN MANTAN PEKERJA MIGRAN KORBAN HUMAN TRAFFICKING DI DESA BANARAN, KECAMATAN GALUR, KABUPATEN KULON PROGO

Putri Safitri Wahyu Prihatiningsih, NIM.: 19102030002 (2024) RESILIENSI PEREMPUAN MANTAN PEKERJA MIGRAN KORBAN HUMAN TRAFFICKING DI DESA BANARAN, KECAMATAN GALUR, KABUPATEN KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESILIENSI PEREMPUAN MANTAN PEKERJA MIGRAN KORBAN HUMAN TRAFFICKING DI DESA BANARAN, KECAMATAN GALUR, KABUPATEN KULON PROGO)
19102030002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (RESILIENSI PEREMPUAN MANTAN PEKERJA MIGRAN KORBAN HUMAN TRAFFICKING DI DESA BANARAN, KECAMATAN GALUR, KABUPATEN KULON PROGO)
19102030002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Human trafficking merupakan kejahatan yang dilakukan seseorang maupun sekelompok orang yang diselenggarakan dengan tujuan untuk mengeksploitasi korban dengan berbagai macam perlakuan yang tidak menyenangkan. Terjadinya fenomena tersebut terhadap perempuan mantan pekerja migran terjadi karena beberapa faktor yang mengakibatkan korban memiliki trauma baik secara fisik maupun psikologis. Konsep resiliensi menjadi dasar yang sesuai untuk menggambarkan kemampuan korban untuk keluar dari permasalahannya. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif yang bermaksud untuk memahami fenomena yang terjadi oleh objek penelitian secara lebih mendalam. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah perdagangan manusia merupakan kejahatan yang mengakibatkan trauma baik fisik maupun psikologis bagi korbannya. Adapun terjadinya human trafficking di Desa Banaran, Galur, Kulonprogo meliputi empat faktor yaitu ekonomi, rendahnya pendidikan, budaya dan adanya calo ilegal. Kemampuan resiliensi harus dimiliki untuk kehidupan yang lebih baik seperti adanya gambaran menuju perubahan presepsi diri, perubahan hubungan interpersonal dan perubahan filosofi hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Aminah, S.Sos.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: human trafficking; resilience; pekerja migran
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Wanita Dalam Keluarga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Apr 2024 14:46
Last Modified: 04 Apr 2024 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64724

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum